Banner 1

Tuesday 31 October 2017

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Kabupaten Bandung di Pilgub Jabar 2018

KABUPATEN BANDUNG – Berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung lakukan banyak upaya, salah satunya dengan gerak jalan yang dilaksanakan di Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (29/10/2017).

Gerak jalan sepanjang tiga kilometer ini melewati rute diantaranya Cincin-Cibolang-Jalan Raya Banjaran-Sorean-Citaliktik dan finish di Kantor KPU Kabupaten Bandung. Para peserta pun mulai berjalan sekitar pukul 06.30 WIB.

Dengan penuh antusias acara yang berlangsung serentak diberbagai wilayah Kota/Kabupaten se Jawa Barat ini diikuti 500 orang peserta yang mengenakan kaus berwarna putih, peserta pun beragam dari usia pemilih muda hingga lanjut usia pun tumpah ruah dalam gerak jalan ini.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bandung, Yudaningsih menjabarkan kegiatan ini selain berolahraga secara massal, kegiatan ini pula ditujukan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang.

“Supaya masyarakat tidak apriori dalam pemilu nanti dan menunaikan haknya pada Pilgub 27 Juni 2018 mendatang,” kata Yudaningsih selaku ketua pelaksan kegiatan tersebut di Kantor KPU Kabupaten Bandung, minggu (29/10/2017).

Peserta gerak jalan ini terdiri dari berbagai stake holder, mulai dari pemilih pemula difabel, pemilih perempuan, pinggiran dan pra pemilih. Dalam artian pemilih muda dapat mengetahui mengenai kegiatan pemilu yang akan membawa masa depan di kemudian hari.

Tidak hanya lima unsur pemilih, KPU pun mengundang perwakilan dari partai Politik, birokrasi pemerintahan dan Media Massa. Ini dilakukan agar semua pihak dapat menjaga kondusifitas serta menjalankan pemilu yang jujur nan adil.

Kendati di Kabupaten Bandung hanya akan dilakukan Pilgub Jabar 2018 saja. Sedangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilaksanakan pada 2018 mendatang. Tapi bagi pihaknya sosialisasi harus gencar dilaksanakan oleh KPU manapun, termasuk Kabupaten Bandung.

“Sosialisasi pemilu harus dilakukan secara masif oleh KPU se Jawa Barat,” katanya.

Sosialisasi yang dibalut dengan olahraga ini, perdana dilakukan oleh KPU jelang Pilkada. Selain itu, sosialisasi dalam bentuk lain pun akan segera dilakukan oleh KPU agar semua calon pemilih dapat memahami perihal pemilihan Gubernur atau pun Kepala Daerah nantinya.

“Ini rangkaian dari Pilgub 2018, untuk Pemilihan Presiden event lain pun akan dilakukan,” janjinya.

Sekitar pukul 08.30 WIB para peserta pun tiba di garis finish, mereka pun disambut dengan berbagai hiburan dan dooprize. Di hari yang sama, KPU Kabupaten Bandung pun melantik 155 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung.
(kim)


SUMBER:POJOKSATU.ID

0 komentar:

Post a Comment