Banner 1

Thursday 26 October 2017

Pemprov Jabar Persilahkan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bantu Dana Pendidikan


BEKASI – Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuka kesempatan bagi Pemkot Bekasi jika ingin memberikan anggaran untuk pendidikan ke Pemprov Jabar. Hal tersebut menyusul dialihkannya kewenangan SLTA ke Pemerintah Provinsi.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, semenjak dipindah kewenangan untuk tingkat SMA, pembiayaan sekolah saat ini baru berasal dari Pemprov dan Pemeritah Pusat.

“Jadi kan gini, waktu SMA dan SMK dibawah kewenangan kota dan kabupaten, pembiayaan itu dari provinsi ada, dari pusat ada, dari kabupaten dan kota juga ada,” kata Aher saat datang ke SMAN 2 Kota Bekasi, Selasa (24/10/2017).

Kata dia, saat ini Pemerintah Kota dan Kabupaten yang ada diwilayahnya tidak memberikan pembiayaan. Pemerintah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat berhenti untuk melakukan pembiayaan pendidikan tingkat SLTA.

“Karena merasa bukan kewenangannya lagi, padahal tahan aja tidak masalah. Dulu ketika diatur mereka, pemerintah atasnya kan membantu. Ketika dinaikan Provinsi, pusat juga masih terus bantu. Nah kabupaten dan kota juga dipersilahkan untuk membantu proses pendidikan meski secara kewenangan sudah pindah ke provinsi,” ucapnya.

Jika Pemerintah Kabupaten dan Kota memberikan bantuan pembiayaan pendidikan ke Pemprov Jabar, kata dia, penggunaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Disinggung terkait dengan masih adanya sekolah yang belum memiliki Ruang Kelas Baru (RKB), dirinya justru meminta supaya tidak mempersoalkan perihal itu kepada dirinya. Namun, ia memastikan akan ada pembangunan secara bertahap.

“Mudah-mudahan bisa segera dibangun. Secara bertahap ya. Jangan terlalu mempersoalkan saya sebagai gubernur provinsi, karena baru tahu ini. Tidak mungkin langsung tahun ini tertangani seluruhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzie mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan bantuan siswa SMA sebesar Rp120 ribu / siswa.

“Siswa itu, siswa yang saat ini bayaran tahun 2018 itu akan dibantu oleh Pemerintah Kota di 2018 dan itu sudah kita anggarkan, sudah kita lakukan Mommerandum of Understanding (MOU) dengan dia (Provinsi),” ucapnya.
(neo)


sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment