Banner 1

Friday 31 March 2017

Warga Bogor Jangan Mudah Percaya dengan Berita Hoax


BOGOR – Penyebaran informasi dan berita hoax masih menjadi permasalahan yang belum bisa diselesaikan. Setiap hari ada saja informasi menyesatkan yang disebarkan di media sosial (medsos).

Jenisnya pun beragam. Seperti informasi adanya kereta anjlok di Kebon Pedes yang viral di medsos, Kamis (30/03/2017).

Kurang lebih isi pesan berantainya seperti ini:’Sekilas info ….: kereta anjlok di kebon pedes utk semetra pintu kebon pedes di tutup Jd yg mau ke bondes lewat teplan ,

atau pondok rumput Effect kemacetan jln masuk pondok rumput … Martadinata dan jalur cimanggu martadinata sdh mengekor smp lampu merah cimanggu’ ?.

Ya pesan berantai yang baru saja Anda baca adalah berita hoax. Informasi ini menyoal adanya KRL Commuter Line yang mengalami anjlok di perlintasan Kebon Pedes,

sekitar pukul 10.20. Setelah dicek di lokasi tidak ada sama sekali kereta yaang anjlok.

“Enggak ada mbak, kereta lancar-lancar saja, itu berit hoax,” ujar  Kepala Stasiun Bogor Sugihartanto menepis kabar tersebut.

Sugi mengatakan, memang ada orang yang sengaja menyebarkan informasi palsu yang disertai foto.

Jadi sepertinya, sambung Sugi, saat kereta lewat difoto oleh orang yang iseng, nyatanya di lokasi sedang ada petugas perbaikan rel, disisi lain kereta tetap beroperasi normal.

Sementara, ditemui di lokasi perlintasan, Petugas Unit Perbaikan Rel PT KAI Daop 1, Isman yang tengah melakukan perbaikan mengatakan memang sempat ada Satlantas dari Polresta Bogor Kota yang mengecek ke lokasi.

“Tadi juga dari Polresta Bogor Kota dua orang kesini ngecek katanya takut macet parah pas anjlok, tapi saya bilang enggak ada anjlokan dari tadi normal,” katanya.

Isman mengatakan, perbaikan dilakukan sejak malam tadi. Namun hal tersebut tidak mengganggu operasional KRL Commuter Line.

“Enggak ada gangguan normal operasional biasa, hanya saja kecepatan kereta dikurangi jadi 20 Km/jam pas melintas di sini tapi selepas itu kecepatan kembali normal,” tuturnya.

Perbaikan rel pun ditargetkan tidak berlangsung lama. Perbaikan dilakukan karena rel yang menurutnya sudah dalam keadaan turun sehingga perlu dinaikkan kembali ke posisi semula.
(radar bogor/wil/c)

sumber:POJOKJABAR.com,

0 komentar:

Post a Comment