Banner 1

Wednesday 29 March 2017

Ngeri… Puluhan Warga Grogol Depok Diserang Penyakit Gatal!


DEPOK – Kalau ini didiamkan dapat dipastikan akan mewabah. Kemarin, puluhan warga di Kampung Rawa Kalong RT3-4/10 Kelurahan Grogol, Limo diserang penyakit gatal.

Parahnya lagi, sakit mirip gudik tersebut gatalnya bisa sampai satu bulan. Secara sekilas, tidak ada keanehan ditubuh Satriyo Juhari (14) salah seorang anak yang mengalami gatal, yang rasakannya selama satu bulan.

“Saya sudah terkena penyakit gatal dibagian kedua kaki selama satu bulan ini, dan rasanya sangat gatal,” ujar dia saat bermain karambol bersama teman sebayanya di RT3/10 Kelurahan Grogol Kepada Radar Depok, Satriyo menjelaskan, tidak mengira akan terkena penyakit gatal yang cukup lama.

Awalnya, dia hanya mengira merasakan gatal seperti biasa. Namun, rasa gatal tersebut datang menyerang kakinya saat malam hari, sedangkan pagi maupun siang hari dia tidak mengalami rasa gatal.

Selain rasa gatal menyerangnya ada perubahan dibagian kedua kakinya. Yakni, kakinya mengalami melenting dan merasakan meriang atau panas.

Tidak hanya itu, apabila dia menggaruk dibagian rasa gatal di kedua kakinya. Walhasil dari hasil garukan tersebut akan menyebabkan luka.

“Kalau digaruk karena sudah tidak kuat menahan rasa gatal, bekas garukan akan berubah menjadi koreng,” terang Satriyo.
Satriyo menuturkan, guna menghilangkan rasa gatal dibagian kedua kakinya, dia telah berusaha dengan didampingi orangtuanya menjalani pengobatan.

Namun, dia tidak mengetahui gatal yang dialami. Sementara, Ketua RW10 Kelurahan Grogol, Mantri Muhammad mengatakan, telah melaksanakan pendataan terhadap warga yang mengalami penyakit yang belum diketahui penyebabnya.

Ada dua RT yakni, RT3 dan RT4 yang terserang penyakit gatal. Dia telah meminta ketua lingkungan guna mendata warganya yang terserang penyakit gatal.

“Saat ini ada sepuluh warga yang terserang penyakit gatal, dan beberapa sudah tahap penyembuhan,” ucap Mantri.

Mantri menuturkan, beberapa waktu lalu wilayahnya pernah terserang penyakit chikungunya, sehingga banyak warga yang terkena penyakit yang menyerang dibagian sendi warga.

Melihat hal tersebut, dia telah memberikan laporan kepada pihak puskesmas, sehingga diberikan penanganan dengan penyuluhan dan bantuan obat.

“Kalau data warga yang terserang penyakit gatal sudah terkumpul, kami akan segera melaporkan ke Puksesmas guna ditindaklanjuti,” tutup Mantri.

Menimpali hal ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Ernawati mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Depok telah menginformasikan kepada PKM Limo dengan adanya penyakit gatal diwilayah Kelurahan Grogol, guna ditindaklanjuti dalam penanganannya.

Erna meminta, warga yang terserang penyakit gatal segera memeriksakan kesehatannya untuk diobati dan segera diketahui jenis penyakit yang diderita warga.

Dia belum dapat memastikan terkait penyakit gatal yang menyerang warga diwilayah RW10 Kelurahan Grogol.

“Kami telah memberikan laporan kepada PKM Limo guna ditindaklanjuti,” kata Erna.
(radar depok/dic)

sumber:POJOKJABAR.com,

0 komentar:

Post a Comment