Banner 1

Wednesday 29 March 2017

Api Lahap Rumah Mewah Tiga Lantai, Satu Mercedes-Benz Tinggal Kerangka


JawaPos.com – Kebakaran kembali terjadi metropolis. Sebuah rumah di Darmo Permai Selatan Gg 14/6 pada Selasa (28/3) ludes dilalap si jago merah.

Api diketahui muncul di rumah milik Teddy Herlambang tersebut pada pukul 17.30. Persisnya di lantai bawah. Saat itu, seorang saksi mata, Vincent Tanjung, mencium bau asap dari dalam rumah. Setelah dicek, ternyata asap sudah membubung. ”Saat itu juga kami melapor ke satpam perumahan,” ujar Vincent.

Pihak keamanan perumahan kemudian menelepon pemadam kebakaran (PMK). Sebanyak 12 mobil PMK dikerahkan untuk menjinakkan api. Mereka dibantu empat mobil penyemprot air dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya.
APES: Sebuah Marcedez-Benz hangus terbakar selama api membakar rumah mewah di Darmo Permai Selatan, Surabaya.

APES: Sebuah Marcedez-Benz hangus terbakar selama api membakar rumah mewah di Darmo Permai Selatan, Surabaya. (Mirza Bashiruddin Ahmad/Jawa Pos/JawaPos.com)

Pagar rumah berukuran 18 x 24 meter itu terpaksa dirusak untuk memudahkan evakuasi. Sebab, saat itu kondisi rumah kosong. ”Dua mobil dan seluruh barang di lantai 2 dan 3 berhasil diselamatkan,” tutur Kepala Dinas PMK Kota Surabaya Chandra Oratmangun.

Namun, satu mobil sedan Mercedes-Benz dan satu sepeda motor ludes terbakar. Bahkan, karena dua kendaraan tersebut, api sempat membesar. Guyuran hujan deras tidak mampu menjinakkan api. Petugas PMK pun sempat kesulitan memadamkan api. Akhirnya, api bisa dipadamkan sekitar pukul 20.00. ”Angin kencang juga membuat api cepat menjalar,” lanjut Chandra.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Seluruh penghuni rumah sedang berlibur ke Batu sejak Senin (27/3). Api juga tidak sampai merembet ke rumah di sampingnya meski seluruh bangunan rumah tiga lantai itu hangus terbakar. Kerugian materi ditaksir miliaran rupiah. ”Banyak bahan antik yang tak ternilai juga terbakar,” tutur Winardi, salah seorang anak korban.

Hingga tadi malam, penyebab kebakaran tersebut belum diketahui pasti. Yang jelas, api kali pertama terlihat di ruang utama di lantai satu. Insiden tersebut ditangani oleh Polsek Dukuh Pakis. (mir/aji/c6/fal/sep/JPG)

sumber:JawaPos.com

0 komentar:

Post a Comment