Banner 1

Tuesday 18 April 2017

Waspada, di Bogor Banyak Jembatan Rawan Ambruk


BOGOR – Insiden ambruknya Jembatan Cipamingkis, Jonggol, Kabupaten Bogor, patut menjadi pelajaran. Selayaknya pemerintah daerah mulai berinisiatif melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua jembatan yang ada di Bogor. Itu untuk mengantisipasi insiden serupa dan jatuhnya korban.

Jembatan dengan kondisi nyaris serupa Cipamingkis banyak terdapat di pedalaman Kabupaten Bogor. Sebut saja jembatan Sikeng, yang menjadi pembatas antara Kecamatan Parungpanjang dan Cigudeg, di Kampung Sikeng, RT 03/04, Desa Dago, Parungpanjang. Lalu Jembatan di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, yang ambrol awal April.

Sebagai informasi, jumlah jembatan di Kabupaten Bogor lebih kurang sebanyak 700 buah. Terdiri dari jembatan negara, jembatan provinsi, dan jembatan kabupaten dengan total panjang sekitar 6.000 meter. Tingginya tonase kendaraan yang melintas serta frekuensi bencana alam membuat jembatan-jembatan ini dalam kondisi labil.

Kondisi tak jauh beda juga terjadi di Kota Bogor. Semisal kasus robohnya jembatan di Kampung Babakan Sukamantri Cibalagung RT 04/07, Kelurahan Pasir Kuda, Bogor Barat. Meski tidak ada korban jiwa, insiden itu membuktikan kondisi jembatan di Kota Bogor tidak aman.
Belum lama ini, Forum Pemerhati Jasa Konstruksi dan Pembangunan (FPJKP) Bogor juga pernah melakukan penelitian terhadap jembatan Satu Duit dan jembatan Sempur. Faktanya, telah terjadi penurunan as pada kedua jembatan tersebut.

Sumber : POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment