Banner 1

Monday 17 April 2017

Banjir Datang, Becak Penyelamat Warga Perumahan Bumi Nasio




JATIASIH – Ribuan warga Kota Bekasi yang tersebar di Perumahan Bumi Nasio Indah, Kelurahan Jatimekar dan Komplek Dosen IKIP, Jatikramat, Perumahan Pondok Hijau Permai (PHP) dan Perumahan Cahaya Kemang Permai (CKP) terdampak banjir, Rabu (12/4/2017).

Ketinggian air di komplek tersebut bervariasi. Mulai dari satu hingga 1,5 meter. Akibat banjir tersebut warga tidak bisa beraktivitas seperti biasa.
Ketua Satuan Reaksi Cepat BPBD Kota Bekasi, Ahmad Dumiyati mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan akumulasi dari masing–masing lokasi yang terdampak banjir.

Ia menyatakan, banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi pada Selasa (11/4/2017) malam. Kemudian menyebabkan debit air semakin besar dan Kali Cakung meluap.

’’Di IKIP sendiri ada ratusan, jumlahnya saya kurang jelas. Di IKIP sendiri sampai 400 KK lebih, di Nasio 350 KK, kurang lebih seribu KK dari semua (empat) komplek yang terendam ya,” ucapnya.

Sementara itu, Babinsa Jatikramat, Serma Suparno mengatakan, aktivitas warga dari ratusan rumah yang berada RW 02 (7RT) terhenti. “Sedikitnya, ada 350 kepala keluarga (KK) dari tujuh RT yang masih terendam banjir. Saat ini, ketinggian air masih mencapai 1,5 meter,” ujarnya Rabu pagi.

Menurutnya, pada Selasa malam ketinggian air mencapai dua meter. “Ini banjir yang paling tinggi sejak adanya pembangunan jembatan di Jalan Raya Jatibening, depan pintu masuk komplek. Air menutupi jembatan yang posisinya sudah tinggi,” ucapnya.

“Dua perumahan yang terdampak banjir tinggi yakni di Komplek Dosen IKIP dan Perumahan Bumi Nasio Indah dengan ketinggian air hingga dua meter,” ujarnya.

Banjir tersebut disebabkan curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan debit air di kali Cakung meluap. Kemudian, air luapan Kali Cakung ini merendam permukiman warga.

Sementara itu, di Perumahan Bumi Nasio Indah masih terjadi banjir sampai dengan sore hari. Dua RW diperumahan tersebut, RW 15 dan RW 16 terdampak banjir tersebut dan ketinggiannya mencapai 80 sentimeter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, sejumlah warga tidak menjalankan aktivitasnya karena hal itu. Selain itu, pada malam sebelumnya pun banjir mencapai 80 sentimeter sampai dengan 2,5 meter.
sumber : pojokjabar.com

0 komentar:

Post a Comment