Banner 1

Thursday 19 October 2017

Yuk Ikutan Sayembara Desain Alun-alun Kota Depok, Berhadiah Rp100 Juta Lohh!


DEPOK – Pembangunan alun-alun di kawasan Grand Depok City (GDC), Kelurahan Jatimulya, Cilodong akan dibangun 2018 mendatang.

Guna memperindah taman tersebut, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok membuka sayembara perancangan dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta.

“Pembangunan alun-alun di lahan seluas 3,6 hektar, pada 2018 mendatang dibangun,” kata Kepala Bidang Tata Bangunan Disrumkim Kota Depok, Dadan Rustandi, kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Senin (16/10/2017).

Ia mengatakan, sayembara ini dibuka untuk masyarakat umum yang memiliki kemampuan di bidang perancangan atau memiliki latar belakang arsitek. “Sayembara ini katanya bukan untuk perorangan, tapi per kelompok,” kata dia.

Dijelaskan Dadan, peserta sayembara ini berkelompok dengan diisi maksimal tiga sampai lima orang. Dimana, model rancanganya berbentuk dua dimensi atau tiga dimensi. ”Rancangan atau disain, wajib dilampirkan perkiraan biaya yang dibutuhkan,” jelasnya.

Kasie Perencanaan Tata Bangunan, Veny Apriola menjelaskan, nanti para peserta sayembara secara berkelompok ini akan dinilai oleh tim.

Terdiri dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok, Kepala Disrumkim Kota Depok, Kepala Bapplitbangda Kota Depok, Ketua Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Hadiah sayembara ini totalnya Rp100 juta dibagi untuk tiga juara. Untuk juara pertama Rp50 juta, juara kedua Rp30 juta, dan juara ketiga Rp20 juta.

Lanjutnya, sebelum dipublikasikan atau diinformasikan ke masyarakat. Pihaknya akan bekerjasama denga Badan Layanan Pengadaan BLP Kota Depok.

“Nanti mereka yang membuka pendaftaranya, diprediksikan pendaftaran dibukan akhir bulan ini melaluI BLP, karena Kerangka Acuan Kerja (KAK) minggu ini selesai,” tuturnya.

Sayembara ini diharapkan bisa menghasilkan gagasan kreatif, dan komprehensif yang akan menjadi dasar perencanaan dan pembangunan RTH.

“Sayembara ini juga sebagai sarana untuk mengajak masyarakat dalam perancangan ruang terbuka hijau (RTH), sehingga RTH sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Depok,” katanya.

Nantinya, selain menjadi ruang publik, alun-alun Kota Depok bakal dilengkapi sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), taman baca, kantin, rumah ibadah, dan sejumlah sarana olahraga yang bisa digunakan untuk umum.

“Karena konsepnya terpadu, jadi bukan hanya ruang terbuka hijau. Tapi, ruang publik yang ramah anak dan lansia juga,”tandasnya.
(radar depok/irw)


sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment