Banner 1

Tuesday 17 October 2017

Setiap Tahun Pemkot Bogor Kehilangan 200 PNS


Pemerintah Kota Bogor kekurangan pegawai. Jumlahnya pun tak sedikit, yakni 3.690 PNS. Kondisi tersebut menjadi salah satu kendala karena mengganggu roda pemerintahan. Jumlah itu juga bakal bertambah dengan dipensiunkannya 200 PNS setiap tahun.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKP-SDA) Kota Bogor mencatat saat ini jumlah PNS yang aktif hanya 7.574 orang. “Dari tahun 2015 tidak ada formasi untuk menempati PNS di Kota Bogor, jadi dibilang kekurangan iya.

Karena setiap tahun hampir 200 PNS yang pensiun, mulai dari pejabat fungsional dan struktural,” jelas  Sekretaris BKP-SDA Kota Bogor, Iceu Pujiati.

Masih diberlakukannya kebijakan moratorium (jeda sementara) rekrutmen calon pegawai negara sipil (CPNS) oleh pemerintah pusat membuat pihaknya kelabakan. Sebab dari tahun ke tahun pengurangan jumlah PNS yang pensiun tidak diiringi dengan penambahan PNS.

Adapun PNS yang paling dibutuhkan kata dia, adalah  tenaga kependidikan dan kesehatan. Pasalnya  para guru SD sekarang, mayoritas bukanlah PNS, melainkan honorer. “Semua  kebijakan dari pemerintah pusat, kita hanya mengikuti saja,” jelasnya.

Soal kebutuhan, sambung Iceu, jika dihitung rasio kekurangan 200 PNS setiap tahun, maka Kota Bogor juga butuh 200 orang PNS di setiap tahunnya. Disisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tidak boleh mengangkat tenaga honorer.

“Akhirnya kita masih punya petugas kebersihan  dari padat karya. Lalu Satpol PP dan dan Dinas Perhubungan direkrut melalui outsourching.  Ini menjadi masalah karena tenaga outsourching  menjadi biaya dan memakan anggaran,” imbuhnya.



sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment