Banner 1

Thursday 19 October 2017

Rumah Pantun di Kota Depok Tularkan Seni ke Anak


DEPOK – Setelah dibentuk beberapa bulan lalu, Rumah Pantun Cang Rohim yang terletak di RT05/06, Kelurahan Krukut, Limo, rutin merangsang puluhan anak di Kota Depok untuk lihai berpantun. Mulai dari anak-anak hingga remaja, belajar melantunkan pantun meski masih terbata-bata.

Pendiri Rumah Pantun Cang Rohim, Abdul Rohim mengatakan, selain melestarikan budaya, kebiasaan berpantun juga dapat meningkatkan daya kreatifitas dan kecerdasan seseorang. Karena diharuskan menyelaraskan setiap bait satu dengan yang lain.

“Dengan berpantun kita dipaksa berpikir, bagaimana menyampaikan suatu maksud melalui perumpamaan perumpamaan,” kata pria yang akrab disapa Cang Rohim tersebut.

Rumah Pantun Cang Rohim, dibentuk sejak tanggal 22 April 2017, dan resmi dilaunching pada tanggal 2 Agustus 2017. Dasar pembentukannya, diakui Cang Rohim berdasarkan kepeduliannya terhadap seni pantun di Kota Depok.

“Selain belajar pantun, disini juga ada Rumah baca, pelajaran mendongeng, belajar kaligrafi, belajar jadi MC, dan hasta karya lainya,” lanjutnya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Senin (16/10/2017).

Ia menambahkan, anak-anak yang turut belajar dirumah tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Dan hingga saat ini telah ada 20 anak yang belajar di rumah tersebut.

“Saya miris melihat kondisi anak zaman sekarang, jadi harus ada wadah seperti ini untuk menyalurkan bakat mereka dan menhindarkan perbuatan negatif,” terang Cang Rohim.

Dengan selingan berpantun, cang Rohim sapaannya mengatakan, pelestarian budaya sudah merupakan tanggungjawab bersama. “Anak buaya mencari makan, pergi melata di waktu pagi, seni budaya mesti dilestarikan, kalo bukan kita siapa lagi,” tandasnya.
(radar depok/ade)


sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment