Banner 1

Friday 13 October 2017

PDJT Bakal PHK 80 Pegawai Transpakuan, Ini Alasannya…



Tak lama lagi Bus Transpakuan akan beroperasional kembali. Namun, dari 144 pegawai Perusahanan Daerah Jasa Transportasi (PDJT), hanya sebagian yang  bisa turut serta dalam mengoprasikan Bus Transpakuan.

Pasalnya, sebanyak 80 pegawai PDJT akan di-Putus Hubungan Kerja (PHK). “Dengan hanya 16 mobil (bus Transpakuan) jumlah 144 karyawan terlalu gemuk. Karena itu perlu ada seleksi,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDJT, Rakhmawati.

Proses selekse  pegawai kata dia, akan menggandeng tim independen sebagai juri. Berdasarkan hitungannya, PDJT hanya membutuhkan karyawan sebanyak 64 orang untuk mengoperasikan 16 bus transpakuan.

“Kalau kita hitung hitungan satu mobil itu idealnya 3 atau empat orang. Anggap maksimal itu empat, dikali 16, maka segitulah. Saya akan seleksi, kita akan bawa pihak yang independen untuk menilai. Kita lagi koordinasi dulu,” terangnya.

Meski bakal ada 80 pegawai yang di-PHK tapi menurutnya tidak akan serta merta diputus tanpa ada pertanggung jawaban. Pasalnya, pihaknya juga tengah merumuskan konsep untuk kompensasi bagi mereka yang tidak lolos seleksi.

“Kita juga memikirkan nanti yang tidak bekerja seperti apa. Akan ada formulasinya. Makanya saya belum sampai detil, yang penting PDJT jalan dulu,” kata Rakhma.

Hingga kini, sudah ada sebanyak tiga bus Transpakuan yang sudah selesai diperbaiki. Sedangkan ada tiga bus yang tengah diperbaiki, dan diprediksi tak lama lagi akan rampung perbaikannya.

Ditambah 10 bus hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang bakal bergabung dengan armada bus Transpakuan.

“Surat suratnya (bus bantuan kemenhub) sedang di lengkapi. Kemenhub sudah minta NPWP ntuk mengeluarkan fakturnya. Inginnya ketika awal tahun 16 (bus) sekaligus jalan. Tapi kita tidak akan menunggu sampai segitu,”  paparnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya memang sempat meminta untuk pengoperasian bus Transpakuan dilakukan sesegera mungkin. Rakhma terlihat optimis untuk segera mengoperasikan armada bus Transpakuan mengingat perbaikan bus Transpakuan dengan tenggat waktu yang terbilang cepat. “Target memang dioperasikan bulan ini, tapi maksimal awal tahun,” tuturnya.

Dia berharap, seiring berjalannya waktu, semua bus milik PDJT bisa diperbaiki dan dioperasikan seluruhnya. Karena,beberapa bus yang diperasionalkan baru menjangkau koridor Belanova Sentul.

“Syukur-syukur dengan16 bus yang beroperasi bisa memperbaiki mobil yang ada. Masih banyak yang bisa diperbaiki, kalau saya hitung ada 14 mobil lagi yang masih bisa diperbaiki. Total kan semua ada 29,” tandasnya.



sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment