Banner 1

Wednesday 18 October 2017

Lihat Nih, Taman Sehati yang Berada di Kabupaten Bekasi Kondisinya Sangat Memprihatinkan Bekasi


CIKARANG TIMUR – Kondisi Taman Sehati yang berada di kompleks olahraga stadion Wibawa Mukti saat ini sangat memprihatinkan. Sejumlah tanaman sudah banyak yang mati dan tidak terawat, begitu juga dengan fasilitas taman dan lampu sudah banyak yang rusak.

Padahal, pembuatan taman itu sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bekasi masa kepemimpinan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin – Eka Supriatmaja Tahun 2017 – 2022

Warga Cikarang Timur, Eman Suryatman mengeluhkan kinerja dinas terkait yang tidak peduli dengan kondisi Taman Sehati, karena tidak terawat. Apalagi banyaknya fasilitas taman yang sudah rusak.

“Taman Sehati itu kan merupakan icon Kabupaten Bekasi, dan sayang kalau tidak dirawat dengan baik,” tuturnya.

Padahal kata Eman, sebelumnya masyarakat banyak yang mengunjungi Taman Sehati itu, namun setelah banyak fasilitas yang rusak seperti bangku dan juga bunga ditambah lagi gersang, sudah jarang masyarakat yang datang.

“Kalau malam memang masih banyak, tapi kalau siang jarang,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bekasi, Jamaludin mengakui jika pembuatan Taman Sehati sebelumnya ada di Dinas Kebersihan dan Pertamanan sebelum Bidang Pertamanan masuk kedalam DPKPP.

“Bidang Pertamananan dan Penerangan Jalan Umum sebelumnya ada di Dinas Kebersihan, dan baru tahun ini saja masuk ke DPKPP, tapi saya sudah meminta supaya dirapikan,” terangnya.

Menurut Jamal, kalau Taman Sehati terlihat seperti belum jadi, karena tidak ada rumput dan penataaan nya juga masih belum baik. Namun untuk malam hari ada lampu hias yang terlihat bagus dan indah.

“Memang kondisinya seperti itu, karena belum jadi,” beber Jamal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertamananan dan Penerangan Jalan Umum DPKKP Kabupaten Bekasi, Andi Suhadi menjelaskan, ada dua taman yang dibangun di Jalan Raya Cikedokan dan di halaman Kantor Kecamatan Cikarang Selatan. Kata dia, pembangunan tersebut akan menambah jumlah taman aktif.

“Saat ini jumlah taman aktif ada lima, sementara yang lain statusnya non aktif,” tandasnya.

Adapun ke lima taman yang telah aktif sebelumnya, yaitu Taman Taman Pilar yang berada di Kecamatan Cikarang Utara, Taman Citarik yang berada di Jalam Raya Lemahabang, Taman Sumberjaya di Kecamatan Tambun Selatan, Taman Sehati di Kecamatan Cikarang Timur dan Taman Ciantara di Kecamatan Cikarang Selatan.

Sedangkan untuk dua taman baru, sesuai namanya, akan difungsikan sebagai lokasi bermain anak serta wahana untuk merangsang minat baca masyarakat. Nantinya, Pemkab Bekasi akan menyediakan sejumlah buku yang diharapkan menjadi daya tarik, khususnya di taman bacaan. Meski begitu, Andi menyatakan, taman tidak sekadar dibangun, namun dilakukan pemeliharaan rutin setiap hari. Dia memastikan taman dapat digunakan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi sesuai tujuannya.

“Jadi untuk merawat dan menjaga taman aktif tersebut, ada petugas dan beberapa unit mobil tanki air yang telah disiagakan untuk melakukan perawatan setiap harinya. Untuk pemeliharaan taman di tahun ini alokasi anggaran nya sekitar Rp180 juta,” tukasnya.
(dho)

sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment