Banner 1

Friday 13 October 2017

Jembatan Reyot di Kampung Cisampai Kawasan Puncak Bogor Ancam Wisatawan


Kawasan puncak sebagai destinitasi wisata tak luput dari infrastruktur yang buruk. Seperti dua jembatan yang nyaris ambruk yakni di Jalan Desa Baru Sirem, Kampung Cisampai, Desa Tugu Selatan dan Nusa Dua perbatasan Desa Kopo, Kecamatan Cisarua dengan Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung.

Salah satu warga Desa Tugu Selatan, Muchsin mengatakan, kondisi jembatan kian buruk sejak satu bulan lalu. Keadaan di perparah saat hujan mengguyur. Jambatan berlubang dan penyangga tampak keropos.

“Karena was-was takut ada korban, makanya kami tutup sehingga tidak bisa dilewati roda empat,” ujarnya kepada Radar Bogor (Pojoksatu.id Group).

Menurutnya, jalan tersebur adalah satu-satunya akses aktivitas warga. Selain itu, menjadi alternatif menuju lokasi wisata. Untuk mengantisipasi bencana, telah mengadukan kondisi jembatan ke Pemerintah Desa Tugu Selatan. “Nanti akan dilaporkan ke Dinas PUPR,” imbuhnya.

Kondisi Jembatan Jalan Raya Baru Sireum bisa menjelma menjadi bom waktu. Sewaktu-waktu mungkin akan ambruk, karena  hanya disangga dengan sebatang kusen kayu.  “Saat ini tiang tinggal hanya ada satu.”ujar Kepala Desa Tugu Selatan Afif Lukman.Hal ini tidak hanya mengancam warganya. Tapi juga  wisatawan yang kerap kali melintas. Namun  jembatan tidak bisa dilalui roda enam dan  ditutup sebagian.

Untuk mengantisipasi kecelakaan, pemerintah desa menyiagakan hansip di lokasi. “Kalau truk dan bis tidak bisa, hanya mobil kecil,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Desa Cipayung Girang Sri Budi Sayekti mengatakan, jembatan sudah dalam tahap pengajuan. “Kami sudah sampaikan kordinasi dan akan ditangani secepatnya,” terangnya.

Sementara Pengamat Jalan dan Jembatan pada UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Ciawi, Maman Daud menjelaskan, kerusakan jembatan sudah terjadi sejak setahun lalu. Perbaikan  masuk pada tahap kajian.

“(Besok) akan kami survei dari konsultan perencanaan, petugas  UPT dan dinas PUPR. Kami sudah ajukan untuk penanganan pada anggaran APBD 2018,” ucapnya.



sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment