Banner 1

Wednesday 30 November 2016

Wow! Ada ATM Beras untuk Kaum Dhuafa

JawaPos.com – Rumah Amal Masjid Salman ITB Bandung membuat inovasi pelayanan bagi kaum dhuafa. Warga kurang mampu bisa mengambil beras di dalam sebuah mesin menyerupai anjungan tunai mandiri (ATM). 


 

ATM Beras memiliki ukuran 60x60 cm, berbentuk kotak seperti lemari dan sangat mirip dengan mesin ATM biasa. Selain itu, ATM Beras ini dilengkap dengan perangkat elektronik yakni modem hybriduntuk network GSM/satelit untuk daerah terpencil, serta sistem kontrol dan pemantauan berbasis machine to machine (M2M) atau internet of things (IoT).

”Jadi ATM Beras ini adalah perangkat yang bisa mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis. Cara kerjanya ialah beras keluar dengan cara menempelkan kartu Radio Frequency Identification (RFID) atau kartu elektronik lainnya di bagian tertentu berbentuk card reader pada perangkat tersebut,” kata Manajer Penelitian dan Pengembangan Rumah Amal Salman ITB Romi Hadriyansyah belum lama ini.

Romi mengatakan, ATM Beras diciptakan alumni pengurus Rumah Amal Salman ITB, Budiaji. ”ATM beras ini diberikan dari salah satu alumni, Mas Budiaji dan resmi beroperasi pada Senin, 7 November 2016 lalu,” katanya.

Romi menuturkan tujuan diciptakannya alat tersebut dalah untuk membantu kaum dhuafa (fakir miskin) yang betul-betul kelaparan karena kemiskinannya.

”Satu kali transaksi warga bisa menarik beras dari ATM Beras ini sebanyak 1,65 kg atau sekitar dua liter,” ujarnya. Romi mengatakan rencananya ke depan ATM Beras akan disebar ke beberapa masjid yang ada di Kota Bandung. 

SUMBER :  jawapos.com

0 komentar:

Post a Comment