Banner 1

Thursday 24 November 2016

Makan Ikan Tubra, Mata pun Bisa Buta

JawaPos.com-  Hidangan ikan baik yang berasal dari laut maupun darat selalu menjadi menu favorit pendamping nasi. Namun apa jadinya jika ikan justru tak boleh dikonsumsi dan cenderung dilarang di masyarakat Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang.  

 


Bahkan mitos yang berkembang, jika makan salah satu jenis ikan tambra (tor tambroides,sp) yang berasal dari aliran Sungai Tambra dekat Sungai Klawing, warga Arenan bisa buta seumur hidup. Bagaimana mitos itu saat ini dan asal usulnya?

Wilayah arenan yang ada di dekat aliran Sungai Klawing selalu ramai  dikunjungi warga saat liburan  sebagai tempat favorit memancing  dan leha-hela.

Namun,  ada  di satu tempat ada mitos dan  diyakini warga  untuk  larangan memakan ikan dari sungai bagi masyarakat Arenan.

Konon pada masa itu, Arenan masih berupa kadipaten yang dipimpin Adipati Singayuda. Istrinya memiliki adik kandung bernama Pretimasa, yang ditakuti karena selain sakti mandraguna juga bertabiat jahat dan nekat serta menganiaya siapapun yang menghalangi niat dan keinginannya.

Sampai suatu ketika keluarga kadipaten merasa perbuatan salah satu keluarganya itu sudah memalukan dan harus diambil tindakan. Lalu dibuatkan sayembara. Yaitu yang bisa menangkap hidup atau mati akan dijadikan saudara kadipaten dan hadiah besar. 

jawapos.com 

0 komentar:

Post a Comment