Banner 1

Friday 25 November 2016

Jaksa Ahmad Fauzi, Kini Siapa yang Pelacur?

JawaPos.com - Penangkapan jaksa Ahmad Fauzi karena memeras pihak beperkara sungguh ironis. Saat mewakili Kepala Kejati Jatim Maruli Hutagalung dalam menghadapi permohonan praperadilan yang diajukan Dahlan Iskan, Fauzi seakan-akan sosok yang suci. Sampai-sampai dia menuduh saksi ahli yang diajukan pihak Dahlan sebagai pelacur dan mengatakan bahwa hakim terlalu banyak bersilat lidah.


Dalam sidang praperadilan itu, Kejati Jatim menugaskan empat jaksa. Selain Fauzi, ada Rhein E. Singal, Ketut Yogiswara, dan Ko Triskie Narendra. Di antara empat jaksa itu, hanya Fauzi yang paling aktif bertanya kepada ahli yang dihadirkan oleh pemohon dan termohon. 

Fauzi juga menjelaskan dengan panjang lebar pentingnya pemberantasan tindak pidana korupsi lengkap dengan hambatannya. Dia menukil sejumlah buku yang membahas kejahatan kerah putih untuk menguatkan argumennya. 

Bukan itu saja, Fauzi juga melontarkan ucapan pedas saat membacakan jawaban atas permohonan praperadilan. Salah satunya, dia menuduh ahli sebagai pelacur akademik. Dia menganggap ahli itu sebagai senjata bayaran yang diorder pihak berkepentingan dan memberikan keterangan sesuai permintaan.

Fauzi juga menyindir hakim dengan meminjam ungkapan seorang filsuf Yunani. Dalam jawabannya, jaksa menyebut para hakim seyogianya lebih terpelajar daripada pandai bersilat lidah. 

Hingga sidang keempat (Rabu, 23/11) permohonan praperadilan yang diajukan Dahlan, jaksa selalu hadir bersamaan. Tapi, saat sidang dengan agenda pembacaan putusan kemarin, Fauzi tidak tampak.  

jawapos.com

0 komentar:

Post a Comment