Banner 1

Wednesday 30 November 2016

Maraknya Pengguna Dextro di Kabupaten Bogor Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Ilustrasi Obat Dextro.
POJOKJABAR.com, BOGOR – Maraknya pelajar yang menyalahgunakan obat batuk jenis dextro, menjadi pil koplo disayangkan semua pihak.
Selain merusak generasi bangsa, mengkonsumsi obat yang juga digunakan pada anjing ini dapat menyebabkan gangguan syaraf. Bahkan bisa menimbulkan penyakit kejiwaan.

“Bahaya! Ini bisa menyebabkan gangguan syaraf. Di usia produktif bukannya berkarya malah menjadi gila,” ujar Praktisi Kesehatan Kabupaten Bogor, dr Hana kepada Radar Bogor, Senin (28/11/2016).

Hal senada dikatakan oleh Psikolog UIN Bandung, Dea. Menurutnya, jika ketergantungan akan obat-obatan, baik itu psikotropika maupun obat penenang atau obat yang diracik sendiri dengan dosis tinggi, akan mempengaruhi psikologinya.

“Tentu sang anak menjadi kecanduan. Selain itu kejiwaan menjadi tidak stabil akibat efek yang ditimbulan dari mengkonsumsi obat tersebut. 

Jika dibiarkan,m kemungkinan gila bisa terjadi,” katanya.

Terpisah, Ketua Yayasan Lentera Hati BNN Lido, Munawir Marzuki meminta adanya pengawasan oleh seluruh komponen masyarakat dan pemerintah terkait. Mulai dari orang tua hingga BPOM. Jangan sampai obat-obatan tersebut disalahgunakan.

“Seharusnya ada pengawasan bersama. Karena berawal dari obat-obat jenis tersebut bisa mencoba ke narkotika. Dan untuk penjualan bisa diperketat,”tandasnya.

sumber : jabar.pojoksatu.id





0 komentar:

Post a Comment