Banner 1

Wednesday 30 November 2016

Dahlan: Saya Percaya Yang Mulia Hakim




   JawaPos.com - Dahlan Iskan membuktikan janjinya bakal menghadapi persidangan dengan tabah. Kemarin (29/11) mantan menteri BUMN itu menjalani sidang perdana atas perkara dugaan korupsi restrukturisasi aset PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim. Dahlan tampak santai menghadapi sidang meski tanpa pengacara. 

  Dahlan Iskan mendatangi Pengadilan Tipikor Surabaya di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo, dengan membawa mobil yang disopiri sendiri Dia datang pukul 08.45 atau 15 menit sebelum jam sidang yang sudah dijadwalkan. Dahlan cukup lama menunggu sidang digelar. Gara-garanya, kedatangan jaksa molor. Hingga pukul 10.00, jaksa belum tampak di pengadilan tipikor. 


   Sidang baru berlangsung menjelang pukul 11.00. Majelis hakim maupun jaksa sempat heran melihat Dahlan datang sendiri tanpa pengacara. Begitu diminta duduk di kursi terdakwa dan selesai dibacakan identitasnya, Dahlan menjelaskan mengapa dirinya datang seorang diri.

  Dahlan mengaku sebenarnya ingin menghadapi persidangan seorang diri. ''Kalau seandainya diperbolehkan undang-undang, keluarga, dan teman-teman, saya ini percaya pada Yang Mulia Hakim untuk menilai saya sendiri berdasarkan fakta persidangan. Apakah saya salah, apakah saya harus dihukum,'' ucap Dahlan.

 Namun, atas saran berbagai pihak bahwa kasus yang dihadapinya mengharuskan adanya pengacara, Dahlan akan melakukan itu. Pria yang pernah menjadi Dirut PLN tersebut sulit menunjuk pengacara karena hingga sidang dilaksanakan, dirinya belum memperoleh salinan berkas perkara dari jaksa. 

  Tindakan jaksa itu sebenarnya tidak lumrah. Biasanya, ketika seorang tersangka dilimpahkan ke tahap dua, penyidik memberikan salinan berkas perkara. Baik diminta maupun tidak. 

SUMBER: Jawapos.com

0 komentar:

Post a Comment