Thursday, 23 November 2017
Home »
metropolitan
» Pemkot Bogor Uji Coba Aplikasi Qlue untuk Pengaduan Masyarakat
Pemkot Bogor Uji Coba Aplikasi Qlue untuk Pengaduan Masyarakat
Merespon setiap pengaduan warga menjadi fokus utama Pemkot Bogor. Berbagai program diluncurkan untuk menampung semua pengaduan dan aspirasi dari masyarakat.
Mulai dari call center 112, sms center dan lainnya. Meski begitu, kemajuan teknologi saat ini membuat masyarakat ingin direspon lebih cepat.
Penawaran uji coba aplikasi Qlue yang sudah tidak asing dipakai di Jakarta pun akan dijajaki Pemkot Bogor untuk menampung semua pengaduan yang diperkirakan bisa lebih menyentuh masyarakat secara langsung.
Marketing Qlue Ivan Tigana mengatakan, dengan menggunakan aplikasi Qlue masyarakat dapat melaporkan berbagai keluhan dan masalah terkait parkir liar, sampah, jalan rusak dan lainnya.
Berbagai macam pengaduan tersebut akan dikategorikan sesuai dengan jenis pengaduannya yang terhubung ke dinas terkait untuk ditindaklanjuti.
Hal itu membuat komunikasi antara warga dengan pemerintah pun menjadi lebih cepat dan teratur. “Sebab pengaduan masuk ke dalam sistem sehingga pelapor dapat mengetahui status dari laporannya apakah sudah ditindaklanjuti atau belum,” ujarnya.
Aplikasi yang sudah dikerjasamakan di lima pemerintah daerah (Jakarta, Manado, Probolinggo, Cilegon, Pare-Pare) dan sedang diujicobakan di Bandung juga sebenarnya bersifat nasional dan dapat di donwload di Playstore dan IOS secara free.
Terhitung sejak tahun lalu, pengaduan dari masyarakat Kota Bogor pun sudah banyak yang masuk ke platform Qlue meski belum bisa ditindaklanjuti karena belum adanya kerja sama.
“Partisipasi dari masyarakat memang diperlukan di Qlue dan kami berharap Kota Bogor bisa jadi kota berikutnya yang bekerja sama. Ditambah pengaduan yang sudah masuk pun bisa menjadi gambaran fokus Pemkot Bogor dalam menyelesaikan masalah,” imbuhnya.
Sementara, Kabid Pelayanan E-Goverment Dinas Komunikasi, Informasi, Statistika dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor Oki Tri Fasiasta, menilai sebagai aplikasi publik reporting, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam melaporkan kondisi Kota Bogor.
Mulai dari lalu lintas, keamanan, fasilitas publik, sampah, vandalisme yang membuat masyarakat ikut memiliki dan ambil bagian dari sistem tata kelola kota. “Tantangannya, pemerintah harus memsosialisasikan Qlue kepada masyarakat agar banyak masyarakat yang menggunakan Qlue dan program pengaduan berbasis smart city menjadi efektif,” katanya.
Ia menambahkan, saat ini pihak Qlue akan terlebih dahulu memberikan uji coba aplikasi ini di Pemkot Bogor. Jika Qlue benar-benar memberi manfaat luas bagi masyarakat maka Pemkot Bogor akan mengusahakan untuk menganggarkannya. “Tahun depan tidak bisa karena APBD 2018 sudah ditetapkan jadi saat ini dijajaki dulu baru mungkin di 2019 sudah bisa di running,” tuturnya.
Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menginginkan ujicoba aplikasi Qlue ini dapat dilakukan sebelum dirinya cuti pada (10/1/18) mendatang. Sebab ia ingin menyelesaikan semua permasalahan di lapangan mulai dari kemacetan, parkir liar, sampah, dan lainnya. “Saya ingin fokus menyelesaikan masalah di lapangan agar masyarakat tidak menganggap kita tidak tidur,” pungkasnya.
sumber:pojoksatu.id
0 komentar:
Post a Comment