Banner 1

Wednesday 29 November 2017

Selamat! PDAM Kota Bogor Raih Penghargaan Kementerian Keuangan RI


PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor meraih penghargaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas atas peengelolaan keuangan dan kepatuan pembayaran terhadap pinjaman kepada pihak ketiga.

Penghargaan diserahkan Direktur Jenderal Pemberndaharaan Kementerian Keuangan  RIDR Marwanato Harjowiryono kepada PDAM Kota Bogor melalui Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat pada acara Workshop  Pemberdayaan PDAM Pasca Restrukturisasi Dalam Rangka Peningkatan Kinerja dan Perbaikan Manajemen Keuangan PDAM di Hotel Royal, Kota Bogor, Kamis (23/11/2017).

Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, PDAM menggunakan jasa pihak ketiga untuk membantu realisasi pembangunan infrastruktur.  Programnya adalah penambahan kapasitas produksi dan pengembangan jaringan perpipaan.

“Pada pertengahan tahun 90an, PDAM mengajukan pinjaman kepada Bank Pembangnan Asia (Asian Development Bank/ADB) untuk Progam Pembangunan Prasarana Kota Terpadu (P3KT ) IPA Dekeng dan jaringan perpipaan. Alhamdulillah (pinjamannya) sudah lunas. Dan fungsi IPA Dekeng serta jaringan perpipaannya sudah dirasakan masyarakat Kota Bogor hingga saat ini,” kata Rino.

Rino menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang turut mendukung PDAM dalam program pinjaman ADB ini. “Dalam prakteknya, (usulan pinjaman ADB) PDAM disuport Pemerintah Kota Bogor. Tanpa ada dukungan pemerintah kota, sepertinya realisasi pinjaman dari ADB itu akan sulit terealisasi,” kata Rino.

Beberapa PDAM yang memperoleh penghargaan tersebut antara lain, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kota Surabaya, PDAM Kota Tangerang, PDAM Kabupaten Bandung, PDAM Kota Bogor dan PDAM Kota Cirebon untuk kategori PDAM debitur lancar.

Sedangkan PDAM yang berkinerja terbaik yakni PDAM Kabupaten Wonosobo, PDAM Kota Palopo, PDAM Kabupaten Rembang, PDAM Kabupaten Banjar, PDAM Kabupaten Bekasi dan PDAM Kabupaten Tabanan untuk PDAM restrukturisasi berkinerja terbaik.

Sebagai puncak acara hari ini diadakan acara Talkshow dengan moderator Tryda Lucyana dari Kementerian Sekretariat Negara dengan narasumber Direktur Sistem Manajemen Investasi Kemenkeu, Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Kemen PUPR, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa-Kemendes PDT, Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Kemenkeu, dan Direktur PDAM Kabupaten Sleman.

Selain membicarakan terkait overview penyelesaian utang PDAM, evaluasi dan arah kebijakan pemberian hibah air minum, hal-hal yang perlu dilakukan PDAM untuk mengejar target 100 akses aman air minum di wilayahnya, serta menggali alternatif dan terobosan pendanaan air minum melalui optimalisasi penggunaan dana desa.



sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment