Banner 1

Thursday 30 November 2017

Ummul Qura Bogor Juara Pesta Sains Nasional 2017


SMAIT Ummul Qura unjuk diri dalam Pesta Sains Nasional 2017 yang diadakan oleh IPB pada 18-19 November lalu.

Tim dari SMAIT Ummul Qura yang terdiri dari tiga orang, Shafa Salsabilaa Zahirah kelas 12, Hilwa Amalia Kirana kelas 12, dan Bistamy Muhammad Nursabur kelas 11, berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Cepat Tepat Biologi di ajang tersebut yang diikuti 199 kelompok dari SMA se-Indonesia.

Untuk dapat meraih posisi tersebut, Bistamy mengaku bukanlah hal yang mudah, karena dirinya beserta tim harus melalu serangkaian tahapan, diantaranya tahap penyisihan, semifinal, dan final. Tahap penyisihan harus menyelesaikan 100 soal.

“Kami mengerjakan bersama, dan soalnya menurut kami sulit, tapi alhamdulillah berhasil lolos, dari 199 kelompok yang ikut, hanya 20 kelompok yang berhasil lolos,” ceritanya.

Tahap semifinal, timnya memperoleh nilai tertinggi pada babak praktikum. “Jadi dalam tahap semifinal ada dua babak, kuis ketok dan praktikum, namun untuk prakrtikum, karena kami sebelumnya juga pernah mengikuti ajang ini, jadi sudah ada pengalaman dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Dari 20 kelompok yang diseleksi di tahap semifinal, hanya lima kelompok yang berhasil maju ke tahap final. “Di semifinal kita melalui 4 babak, pertanyaan wajib, pertanyaan lempar, studi kasus, lalu soal rebutan,” tutur Bistamy.

Siswa setim Bistamy, Hilwa menambahkan, tak menyangka bisa memperoleh penghargaan sebagai juara 3. “Karena di babak final itu skor kita paling rendah awalnya, tapi ternyata di soal rebutan kami bisa mengejar ketertinggalan itu, saya sangat terharu,” ungkapnya.

Kemenangan tersebut tak lepas dari latihan yang giat serta dukungan sekolah maupun orang. Siswa lainnya, Shafa mengungkapkan bahwa selama sebulan dirinya dan tim mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang ini.

“Selain latihan sendiri di rumah, kami juga berlatih bersama setiap hari sabtu pagi, dan sekolah mendatangkan pelatih dari IPB untuk melatih kami, kami selalu memabahas soal-soal pesta sains tahun-tahun sebelumnya dan  berlatih dalam praktikumnya juga,” jelasnya.

Shafa mengaku senang karena bisa mendapatkan banyak pengalaman dari lomba itu. “Selain melatih mental kita dalam berkompetisi, kita juga mendapatkan banyak teman baru dari berbagai SMA di Indonesia, dan kita juga jadi tahu kompetensi yang dimiliki sekolah-sekolah lain,” kata Shafa.



sumber:pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment