Wednesday 11 October 2017
Home »
metropolitan
» Akhirnya Bocor Pipa Transmisi Rancamaya Tertangani, Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Bogor Datangi Lokasi Relokasi
Akhirnya Bocor Pipa Transmisi Rancamaya Tertangani, Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Bogor Datangi Lokasi Relokasi
Setelah perjuangan keras, akhirnya PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor berhasil menangani kebocoran pada pipa transmisi sumber mata air Tangkil. Perbaikan pipa bocor ini akan mensuport kegiatan relokasi pipa HDPE di area perbukitan di kampung Bojong Koneng Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor dalam waktu dekat.
Menurut Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana pada Sabtu (7/10/2017) pagi, tim Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor memperbaiki kebocoran pipa AC 18” di Kampung Bojong Koneng.
”Titik bocoran sekitar 50 meter dari area longsor pada Rabu pekan lalu yang berdampak pada keretakan pipa beberapa meter dari area longsor,”jelas Syaban.
Pada Minggu (8/10/2017) pagi, tim Kebocoran kembali memperbaiki kebocoran pipa transmisi di daerah Kampung Tengek Desa Cimande Kecamatan Caringin, tak jauh dari area pembangunan tol Bocimi.
Setelah beberapa titik bocor ini diperbaiki, tim Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan membuka pasokan air dari sumber mata air Tangkil menuju Reservoir Rancamaya.
” Kini petugas fokus mengatur sistem pengaliran agar pasokan air dapat melayani pelanggan zona 1,”kata Syaban.
Lebin lanjut Syaban menerangkan, apabila sistem pengaliran pada pipa transmisi Rancamaya ini telah stabil, PDAM akan melakukan koneksi pipa eksisting AC 18” ke HDPE 18” di Kp Bojong Koneng. Tapi hingga Senin petang (9/10/2017), petugas mesih melakukan pengelasan pada sambungan batangan pipa HDPE.
“Sudah 20 batang pipa yang telah tersambung, sisanya insya Allah selesai besok (10/10/2017). Jika semua sudah tersambung dan asesorisnya lengkap, kita segera lakukan koneksi. Tapi itu jika sistem pengalirannya sudah stabil,” kata Syaban saat meninjau lokasi pengerjaan relokasi pipa, Senin (9/10/2017) siang.
Syaban memberikan penjelasan teknis kepada perwakilan pelanggan dan aparat kelurahan yang ingin menyaksikan langsung lokasi relokasi.
“Kegiatan relokasi itu kan perlu waktu cukup lama, jadi kita buka saja aliran dari dari sumber mata air Tangkil, supaya bisa langsung ke pelanggan. Jika sudah stabil, baru kita lalukan koneksi dari pipa lama ke pipa baru,” kata Syaban.
Sementara itu, Abdul Rozak perwakilan pelanggan mengaku kagum dengan aksi cepat PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Warga Margasari RT 2 RW 6 Kelurahan Kertamaya Kecamatan Bogor Selatan itu juga merasa puas setelah melihat langsung kondisi di lapangan.
“Saya sudah melihat ke lokasi, bagaimana kondisi medannya, bagaimana petugas sedang mengelas. Saya paham kondisinya,” kata Abdul.
Abdul mengucapkan terima kasih atas kerja keras PDAM yang bekerja cepat agar pelanggan kembali mendapatkan pasokan air bersih dari PDAM. Senada dikatakan Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Kertamaya Taufik Gunawan. Taufik kegiatan relokasi ini merupakan bagian dari program pemeliharaan (maintenance) aset-aset milik PDAM.
“Kami akan bantu mensosialisasikan kegitan ini kepada masyarakat, terutama di wilayah Kertamaya. Kami doakan semoga kegiatan relokasi pipa ini segera selesai agar masyarakat kembali dapat menikmati pelayanan air bersih PDAM Kota Bogor,” tutup Taufik.
sumber:pojoksatu.id
0 komentar:
Post a Comment