Banner 1

Tuesday 21 June 2016

Sungai Cidepit Kabupaten Bogor Penuh Sampah

BOGOR – Dampak dari hujan yang mengguyur kawasan Bogor, menyebabkan Sungai Cidepit dipenuhi sampah.

Aliran air yang membentang sepanjang Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang hingga Desa Pasirgaok, Bantar Jaya dan Rancabungur di Kecamatan Rancabungur ini, kondisinya kian memprihatinkan.

Setiap ruas atau bendungan irigasi ditutupi sampah. Sampah sungai itu juga tersangkut di sejumlah jembatan.  tersebut penuh dengan sampah.
Salah satu petugas PSDA Cisadane, Yusuf  mengatakan sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari Kota Bogor.

“Sampah di Sungai Cidepit melebihi kapasitas, karena kiriman dari daerah lain yang terbawa oleh arus aliran air.”ujarnya kepada Radar Bogor, Minggu (19/06/2016).

Kurangnya tenaga yang harus mengurus sungai juga jadi faktor pendukung. Para petugas kebersihan dinilai tidak turut andil pada kondisi sampah di sungai.

“Petugas pembersih atau pengangkut sampah di Cidepit sangat terbatas sehingga jadi penumpukan sampah tidak tercegah. Di wilayah Rancabungur,  kami sudah membersihkan aliran sungai sampai ke  Semplak Barat. Tapi sudah ada lagi,” keluhnya.

Terpisah, Kades Pasirgaok, Saepudin menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah di aliran sungai Cidepit. Sebab, selain kondisinya kian memprihatinkan, pedangkalan terus terjadi.

“Menjaga lingkungan bukan tugas dari lembaga atau intansi terkait saja tapi tugas kita bersama,” pintanya.(ent)

0 komentar:

Post a Comment