Banner 1

Thursday 16 June 2016

5 Tempat Ngabuburit Paling Asik di Bogor

BOGOR – Selama bulan Ramadhan, banyak orang memilih untuk menunggu waktu berbuka puasa dengan ngabuburit. Ngabuburit bisa dilakukan dimana saja baik dengan cara melakukan ibadah, atau membeli aneka makanan untuk berbuka puasa. Berikut 5 tempat ngabuburit paling asik di Kota Bogor.

Jalan Suryakencana
Bila ingin mencari makanan untuk berbuka puasa, Anda bisa ke Jalan Suryakencana. Di sana, Anda bisa menemukan pedagang pepes sagu khas Bogor, Bakso Kikil Pak Jaka, juga bir kocok yang merupakan racikan dari jahe, kayu manis, gula pasir, dan gula aren. Bisa dibilang Jalan Surykencana merupakan salah satu pusat kuliner yang ada di Kota Bogor.

Jalan Bangbarung
Berburu takjil di Jalan Bangbarung juga merupakan kegiatan ngabuburit yang tak boleh dilewatkan di Bogor. Anda bisa memilih sendiri aneka kuliner yang dijajakan di sepanjang Jalan Bangbarung.
Makanan yang dijual mulai dari mi glosor, aneka gorengan, tutut, es buah, kolak, es podeng. Di sini tersedia juga makanan berat seperti rendang daging, kikil, ayam goreng, orek tempe, telor balado dan sayur daun singkong. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, jajanan di pusat takjil ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Taman Kencana
Tempat ngabuburit yang pertama di Bogor adalah Taman Kencana. Taman yang biasa digunakan untuk kongko-kongko anak muda ini termasuk salah satu tempat bersejarah karena sudah ada sejak zaman Belanda.
Pemerintah Bogor telah merenovasi taman ini menjadi lebih rapi. Kini tersedia pula tempat duduk dan trek lari. Pepohonan di sekitar taman ini juga membuat suasana kongko menjadi lebih sejuk.

Masjid Raya Bogor
Lokasi ngabuburit selanjutnya di Bogor adalah Masjid Raya Bogor yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran nomor 10. Masjid yang telah dibangun sejak tahun 1970 ini memiliki Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor, serta sebuah perpustakaan.
Masjid ini juga memiliki menara dengan bentuk segi empat. Bangunannya terdiri dari tiga tingkat dengan kubah di bagian atas. Dari area menara, terdapat lorong penghubung dengan bangunan masjid.
Di tempat ini, pengunjung dapat melaksanakan ibadah atau membaca buku di perpustakaan sambil menunggu waktunya buka puasa.

Istana Bogor
Istana Bogor yang merupakan satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia ini mempunyai keunikan tersendiri, termasuk aspek historis, kebudayaan, dan faunanya.
Saat bulan Ramadhan, istana tetap ramai pengunjung. Orang-orang biasanya berjalan-jalan sore di sekitar istana serta memberi makan rusa-rusa yang hidup di halaman Istana Bogor.
Makanan rusa sendiri adalah wortel yang diperoleh dari petani-petani Bogor. Jadi, selain pengunjung, para pedagang wortel dan sayuran untuk makanan kijang pun ikut meramaikan suasana ngabuburit di Istana Bogor.(ent)

0 komentar:

Post a Comment