Banner 1

Friday 24 June 2016

Vaksin Bayi Palsu Beredar di Bogor

BOGOR – Pemalsuan obat-obatan kian mengerikan. Rabu (22/6/2016) Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim mengungkap adanya enam jaringan pembuat vaksin palsu untuk bayi. 

Diantaranya, vaksin polio, campak dan bacillus calmette-guerin (BCG). Dampak penggunaan vaksin palsu ini sedang dianalisa di laboratorium.

Direktur Dittipideksus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Agung Setya menuturkan, pengungkapan kasus ini dimulai dari  laporan sebuah rumah sakit di daerah Bogor.  Rumah sakit tersebut mencurigai kiriman vaksin dari pabrik di Tangerang.

”Kami kemudian lihat telisik lebih dalam,” paparnya.

Mendapat laporan dari rumah sakit di Bogor, penyidik kemudian melakukan penggerebekan pada Selasa (21/6/2016) sore. Di lokasi polisi menyita vaksin palsu serta bahan-bahannya.

Ada lima tersangka yang ditangkap mulai dari pembuat hingga penyalur vaksin palsu tersebut. Para pelaku terdiri dari pemilik apotek, kurir, produsen atau pembuat, dan bagian packing. Para pelaku ini ditangkap di daerah Kramatjati, Jakarta Timur.

Ternyata setelah diselediki, terdapat enam jaringan yang memproduksi vaksin palsu tersebut. Enam jaringan itu, yakni penjual vaksin di Pasar Kramat Jati, jalan Manunggal Kalisari, Jatibening, Puri Bintaro Hijau, jalan Serma Hasyim dan Kemang Regency.

”Semua sedang di dalami, apakah mereka terkait atau tidak,” jelasnya.(ent)

0 komentar:

Post a Comment