Banner 1

Wednesday 10 May 2017

Tujuh Desa di Kabupaten Bogor Rawan Longsor


BOGORPergeseran dan tanah longsor, masih menghantui warga Pamijahan. Berdasarkan pemetaan daerah rawan bencana yang dibuat Pemerintah Kecamatan Pamijahan, terdapat tujuh desa yang masuk dalam zona berbahaya.

Adalah, desa Cibunian, Purwabakti, Ciasmara, Ciasihan, Gunungsari, Gunungpicung, dan Gunungbunder. Menurut Sekcam Pamijahan, Dedi Supriadi, terdapat satu desa yang rentan terjadi longsor, yakni Purwabakti.


Mengantisipasi hal itu, pemerintah kecamatan menginstruksikan kepada seluruh kepala desa, serta linmas agar meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

“ Apalagi saat terjadi hujan lebat. Sebisa mungkin warga yang tinggal di daerah rawan mengungsi ketempat aman ketika hujan turun dalam waktu yang lama,” ujarnya kepada wartawan.

Ia juga meminta kepada warga untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan. Juga menjaga lingkungan di sekitar.

Sementara, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Koesparmanto, menyebut ada 24 kecamatan yang masuk dalam kategori rawan bencana.

Mantan Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) ini juga menyebut, peningkatan daerah bencana alam sudah tak dapat dibendung. Seperti yang terjadi di Kecamatan Jasinga, beberapa waktu lalu.

“ Jasinga yang tidak pernah banjir pun mengalaminya,” terangnya beberapa waktu lalu.


Untuk penanganan bencana, tahun ini Pemkab Bogor menganggarkan Rp12 miliar dari APBD. Hanya saja, dana tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.


Sumber :  POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment