Banner 1

Friday 12 May 2017

Pembangunan Tol Becakayu, Ratusan Pohon Ditebang


BEKASIRatusan pohon berbagai jenis disisi jalan KH. Noer Ali, Kota Bekasi terpaksa ditebang. Hal ini untuk mempermudah pengerjaan ruas tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu) oleh pemerintah pusat.

Direktur Pelaksana PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) Dwi Pratikto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bekasi saat hendak pemancangan proyek. Dengan begitu, penebangan pohon di dekat tol sudah mendapat izin dari pemerintah setempat.


PT KKDM merupakan anak perusahaan DARI PT Waskita Karya, Tbk yang menangani proyek pembangunan ruas tol Becakayu. “Itu (penggantian pohon) tugasnya kontraktor. Namun yang jelas, saat pelaksanaan pemancangan kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot Bekasi 2016 lalu,” ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi, Tri Adhianto Tj. Meskpun ditebang, lanjut Tri, pemerintah pusat siap mengganti kerugian pohon yang ditebang oleh kontraktor.

Kata dia, berita acara tersebut sudah diteken oleh Dinas Pertamanan, Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi pada 2016 lalu. Saat itu, DPPPJU belum dilebur menjadi satu ke Dinas PUPR Kota Bekasi.

“Sudah ada berita acara antara Pemerintah Kota Bekasi dengan pemerintah pusat terkait penggantian pohon yang ditebang saat pengerjaan tol Becakayu,” katanya, Selasa (9/5/2017).


Dirinya menjelaskan, ada sekitar 250 batang pohon yang ditebang di Jalan KH. Noer Ali. Pohon-pohon tersebut terpaksa ditebang untuk mempermudah pembangunan.

Tri menambahkan, skema penggantian pohon itu adalah satu banding sepuluh Artinya, setiap satu pohon berdiameter sekitar 30 cm akan diganti dengan sepuluh pohon baru. Jika diameter pohon lebih dari 30 cm, akan diganti dengan 15 pohon baru.

Tri mengungkapkan, penanaman pohon pengganti akan disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa wilayah diantaranya ialah dekat saluran Perum Jada Tirta di Bekasi Timur, Pangeran Jayakarta, Lingkar Utara dan lokasi lain yang dinilai sesuai.

“Bisa juga nanti ditanam di tepi Jalan Ahmad Yani. Nantinya akan terlihat lebih bagus karena pemerintah juga menata jalur pedestrian di sana,” tutupnya.


Sumber : POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment