Banner 1

Monday 29 May 2017

Diskarpus Kota Depok Rancang Naskah Sejarah Depok


DEPOKDinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, saat ini tengah mempersiapkan penulisan naskah sejarah Kota Depok yang komprehensif.

Penyusunan naskah tersebut, melibatkan sebuah tim yang terdiri dari lima orang dan dipimpin sejarawan senior, Sobana Hardjasaputra.
Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Diskarpus Kota Depok, Eneng Sugiarti mengatakan, akademisi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung ini, nantinya selain sebagai ketua tim, juga akan bertindak sebagai editor naskah.

Selain itu, saat ini Diskarpus sudah berkoordinasi dengan banyak pihak, dalam penyusunan naskah sejarah ini. Termasuk mengunjungi tokoh-tokoh masyarakat di Kota Depok.

“Lima orang di dalam tim ini akan menyebar dalam pencarian fakta sejarah yang akan kita susun dan tulis dalam sebuah naskah yang komprehensif,” ujar Eneng kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Jumát (26/05/2017).

Selain mendatangi para tokoh masyarakat, katanya, ketua tim penulisan naskah sejarah juga memberi informasi, terkait masih banyaknya naskah sejarah Kota Depok yang berada di negeri Kincir Angin Belanda. Sedangkan bukti yang dicari bisa berupa arsip tertulis, foto, hingga benda peninggalan sejarah lainnya.

“Profesor Sobana pernah bilang masih ada naskah sejarah Kota Depok yang ada di Belanda, nanti kita akan bicarakan baiknya bagaimana untuk mengembalikan naskah tersebut,” tambahnya.

Dia berharap upaya yang dilakukannya ini dapat berjalan lancar, sehingga dalam waktu 6 bulan ke depan Kota Depok bakal memiliki sebuah buku sejarah yang komprehensif.

“Waktu yang diperlukan dalam pencarian sumber dan pengolahannya sampai menjadi buku sekitar enam bulan, semoga semuanya lancar dan tanpa halangan apapun,” tutupnya.


Sumber : POJOKJABAR.com

0 komentar:

Post a Comment