Banner 1

Tuesday 30 October 2018

Prediksi Persipura vs Persebaya: Misi Melawan Kemustahilan

JawaPos.comPersebaya Surabaya akan bertandang ke Stadion Mandala Jayapura dengan bayang-bayang hasil buruk. Ya, Persebaya tak punya rekor bagus ketika bertamu ke Persipura Jayapura. Kemenangan terakhir Persebaya di Mandala terjadi pada 2004 silam. Kini, Persebaya berharap bisa mengulang cerita manis 14 tahun lalu itu.
Menang melawan Persipura di Jayapura adalah misi yang hampir mustahil bagi Persebaya. Bagaimana tidak, Persebaya belum pernah mengalahkan Persipura di Mandala selama lebih dari satu dasawarsa. 

Kemenangan terakhir Persebaya di Jayapura terjadi pada kompetisi Liga Indonesia 2004. Pada saat itu Green Force menang 2-0. Setahun berikutnya, ketika berjumpa pada ajang Copa Indonesia, Persebaya menahan Persipura 0-0.
Pada pertemuan terakhir di Jayapura 16 Mei 2010 silam, Persipura menang tipis 2-1. Dua gol tim Mutiara Hitam dicetak Boaz Salossa dan Paulo Rumere. Gol Persebaya lahir berkat aksi bunuh diri Ricardo Salampessy.
“Kami akan berupaya dan bekerja maksimal agar meraih tiga poin atas Persipura. Mudah-mudahan hal itu tercapai,” tegas Djadjang Nurdjaman, pelatih kepala Persebaya, Senin (29/10) sore WIT. 

Menurut Djadjang, misi selamat dari degradsi menjadi motivasi besar Persebaya untuk mencuri poin di Jayapura. Djadjang sadar bahwa ini adalah pekerjaan sulit. Namun ia yakin pasukannya bisa mendapatkan hasil positif dari Stadion Mandala.
“Kami ingi menjauh dari zona degradasi. Untuk itu kami harus mendapatkan poin di Jayapura,” tegas mantan pelatih Persib Bandung tersebut.
Satu-satunya aspek yang membuat Persebaya tetap patut diperhitungkan adalah performa hebat mereka dalam dua laga terakhir. Persebaya berhasil mengalahkan Persib Bandung dan Madura United. Hebatnya, mereka selalu mencetak empat gol di dua pertandingan tersebut. 

Namun, Persebaya datang ke Jayapura dengan sedikit perubahan komposisi pemain. Mereka tak bisa menurunkan Osvaldo Haay karena sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Padahal Osvaldo sedang on fire. Ia berhasil mengemas empat gol dalam dua laga.
Kondisi Persipura justru berbanding terbalik dengan Persebaya. Persipura mendapat sorotan tajam atas hasil buruk sepanjang Oktober 2018. Ya, tim Mutiara Hitam belum pernah menang dalam empat pertandingan terakhir.
“Justru ini yang harus kami antisipasi. Buat saya ini akan menjadi motivasi tersendiri buat Persipura untuk bangkit. Setelah kalah dari Persija, mereka pasti ingin bangkit. Itu yang harus kami waspadai,” tegas Djanur. 

Sementara itu, Persipura masih memantau kondisi sang wakil kapten Ian Kabes yang tengah menjalani recovery pascacedera. Selain itu, Persipura juga belum bisa memainkan Todd Rivaldo Ferre, bintang Tim Nasional (Timnas) U-19.
“Dia belum bergabung dengan tim. Mungkin dia baru bisa bermain saat melawan PSM,” ungkap head coach Persipura Osvaldo Lessa.
Menurut Lessa, Persipura sudah berancang-ancang untuk bangkit dengan mengalahkan Persebaya di Mandala. “Pertandingan ini berat, tetapi kami tahu tanggung jawab kami. Kami harus bermain untuk menang,” akunya. 

Eks pelatih Sriwijaya FC ini sadar bahwa Persebaya sedang bagus-bagusnya. Oleh karena itu, Lessa memerintahkan pasukannya untuk memperkuat tekanan di semua sektor. “Sehingga lawan tidak bisa bergerak dengan mudah,” tegas Lessa.
“Persebaya harus tahu bahwa Jayapura berbeda. Mereka kemarin bermain bagus, tetapi pertandingan ini berbeda. Kami harus ambil poin penuh. Jika kami memenangkan pertandingan ini, kepercayaan diri tim akan naik,” tutupnya. 

5 Pertemuan Terakhir
29/05/18: Persebaya 1-1 Persipura
16/05/10: Persipura 2-1 Persebaya
22/11/09: Persebaya 0-1 Persipura
01/11/07: Persipura 2-0 Persebaya
07/03/07: Persebaya 2-0 Persipura

5 Laga Kandang Terakhir Persipura
Persipura 5-1 Barito Putera
Persipura 1-0 Sriwijaya
Persipura 1-0 Arema
Persipura 1-1 Persib
Persipura 1-2 Persija

5 Laga Tandang Terakhir Persebaya
Perseru 3-1 Persebaya
Barito Putera 3-2 Persebaya
Sriwijaya 3-3 Persebaya
Arema 1-0 Persebaya
Persib 1-4 Persebaya

Perkiraan Susunan Pemain
Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman, Tinus Pae, Valentino Telaubun, Marcio Rosario, Ricardo Salampessi, M. Tahir, Imanuel Wanggai, Anie Tjoe, Hilton Moreira, Addison Alves, Boaz Salossa
Pelatih: Osvaldo Lessa

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra, Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Misbakhus Solikin, Fandi Eko Utomo, Rendi Irwan Saputra, Oktafianus Fernando, Ricky Kayame, Irfan Jaya
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Prediksi JawaPos.com:
Persipura: 70%
Persebaya: 15%
Imbang: 15%

0 komentar:

Post a Comment