Banner 1

Tuesday 30 October 2018

Terungkap! Limbah Warga jadi Penyebab Longsor di Kedung Badak

BOGOR–RADAR BOGOR,,Longsor yang terjadi di Jalan Tawakal RT 08 RW 06, Perumahan Kedung Badak Baru, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu (28/10/2018) terungkap penyebabnya
Kasi Kada­ruratan dan Logistik pada Badan Pena­n­ggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Budi Hendrawan mengatakan, selain intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut, petugas menduga bahwa pembuangan limbah oleh warga yang tak benar.
Sehingga, mengakibatkan tanah terge­rus pada bagian dalamnya.
“Ya diduga longsor akibat pembuangan limbah air rumah tangga yang menggerus di dalam tanah tebingan tersebut,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (29/10).
Akibatnya, turap sepanjang 115 meter dan tinggi 12 meter yang dibangun pada Juli 2009 itu ambruk. Hal itu juga mengancam lima rumah warga yang tak jauh dari lokasi kejadian.
“Longsoran berdam­pak pada enam rumah warga, di antaranya Astuti Legowo satu KK lima jiwa, Mashuri satu KK dua orang, Dodi Haryan­to satu KK empat orang, dan rumah Tiyoso serta Hendra yang sudah tak dihuni,” terangnya.
Tak hanya itu, longsor juga mengakibatkan beberapa keretakan di Jalan Tenang. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan yang akan berdampak pada rumah warga lainnya.
“Ada enam rumah warga yang akan terdampak jika terjadi longsor, di antaranya rumah milik Sucianto satu KK empat jiwa, Mandolang satu KK enam jiwa, Ahmad satu KK enam jiwa, Sumardi satu KK dua jiwa, Een satu KK tiga jiwa, dan Darmawan satu KK tiga jiwa,” bebernya.
Saat ini BPBD Kota Bogor telah melakukan assesment dan evakuasi tanggap darurat. Sekitaran tanah longsor juga sudah dipasang hazard line sebagai wilayah yang tak bisa dilewati.
“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” pungkasnya.(gal/c)

0 komentar:

Post a Comment