Banner 1

Tuesday 20 December 2016

Jokowi Putuskan UN Tetap Diberlakukan, dengan Catatan…

Presiden Jokowi
POJOKSATU.id,  JAKARTA – Setelah melalui dua kali rapat terbatas (ratas) membahas evaluasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Presiden Joko Widodo pada akhirnya memutuskan untuk tetap memberlakukan UN.

Sejumlah langkah perbaikan yang disiapkan antara lain peningkatan kemampuan guru yang telah disertifikasi sehingga diharapkan adanya evaluasi kinerja para pendidik, dan pemberian kisi-kisi nasional terhadap 4 mata pelajaran yang diujiankan.

“Sehingga dengan demikian harapannya Ujian Nasional ini bisa menjadi _benchmarking_ untuk kemajuan para siswa kita di kemudian hari,” ujar Pramono.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengemukakan bahwa prestasi pendidikan Indonesia saat ini menunjukkan tren yang positif. Menurut laporan PISA (Programme for International Student Assesment) tahun 2015 oleh OECD (Organization for Economic Co-operation and Development), skor pendidikan Indonesia di bidang sains, membaca, dan matematika, mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Peningkatan yang cukup tajam dan jika tren ini berlanjut, maka diperkirakan tahun 2030, pendidikan di Indonesia akan setara dengan negara-negara di OECD.” ujar Presiden dalam sambutan pengantarnya.

Tren positif ini patut diapresiasi dan Presiden meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadikannya sebagai patokan untuk memajukan sistem pendidikan di Tanah Air.

“Kalau kita lihat di negara-negara lain justru mengalami penurunan skor. Tapi di Indonesia justru skornya naik,” imbuhnya.

sumber : pojoksatu.id

0 komentar:

Post a Comment