Banner 1

Tuesday 27 March 2018

Rumah Diperbaiki, Kini tak Takut Angin Kencang


Aman Suryana (57) warga RT 04/07, Kampung Bojongkoneng, Desa Lulut, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, sudah beberapa tahun ini hidup di rumah yang tak layak. Kini, dirinya bisa tersenyum lega. Tempat ia bernaung sekarang sudah diperbaiki.

Hingga kemarin (25/3) dinding dan atap rumah duda lima anak itu sudah terbangun.

“Muhun tos kabangun. Ayena nganggo tembok, teu bilik deui. (Iya sudah terbangun. Sekarang menggunakan tembok, tidak bilik lagi,” tutur Aman.

Rumahnya yang dulu hampir ambruk kini menjadi layak huni. Aman mengaku tidak takut lagi saat ada angin kencang atau hujan deras. Sebab, atap rumahnya sudah tertutup semua. Sebelumnya rumah Aman tiba-tiba ambruk akibat hujan deras.

Maklum, kondisi rumahnya memang sudah lapuk. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu, terlihat sudah dipenuhi lubang. Lubang-lubang tersebut ditambal seadanya. Sebagian ditutup dengan terpal. Namun, ada pula yang dibiarkan begitu saja, tanpa ada tambalan.

Menurut Aman, rumah tersebut sudah ditinggalinya bertahun-tahun silam. Kondisinya saat itu masih bagus, jika dibandingkan dengan sekarang.

Namun, 10 tahun belakangan, rumah yang ditinggalinya terlihat memprihantinkan. Karena kesulitan ekonomi Aman tidak bisa memperbaiki rumahnya, hingga rela bertahun-tahun tinggal di rumah tersebut.

Sehingga warga beserta pemerintah kecamatan dan desa sepakat untuk mem­bangun rumah agar lebih layak ditinggali.

“Pembangunan baru 80 persen. Semoga bisa selesai dalam minggu ini,”ujar Sekdes Desa Lulut, Prayudi.


Sumber : radarbogor.id

0 komentar:

Post a Comment