Banner 1

Thursday 29 March 2018

Jangkar Ecovillage Ciawi Dikukuhkan


Ecovillage konsisten melakukan berbagai kegiatan konservasi dengan misi men­ciptakan desa berbudaya ling­­ku­ngan. Bukan hanya kegia­­tan riungan tiap minggu, juga pendampingan bulanan.

Jaringan kader Ecovillage bina­an Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat itu pun memperkuat kiner­janya dengan membentuk satu kepengurusan bernama Jari­ngan Kerja Ecovillage atau Jang­kar Ecovillage di setiap keca­matan. 

Salah satunya Keca­matan Ciawi yang baru saja men­deklara­sikan kepengu­rusan­nya, Minggu (25/3). 

Ketua Jangkar Ecovillage Kor­­cam Ciawi yang baru ter­pilih, Chaidir menuturkan, dirin­ya bersama ratusan kader Eco­village dari seluruh desa di Kecamatan Ciawi akan beru­saha sebaik mungkin untuk menciptakan berbagai program dan inovasi menuju desa berbudaya lingkungan. Terma­suk, memberikan pen­dam­­pingan kepada kepala desa menciptakan berbagai program desa untuk ling­kungan.

”Ada beberapa desa di Keca­matan Ciawi yang sudah dan akan terus dibina oleh DLH dengan program Eco­village, antara lain: De­sa Ben­dungan, Pan­dansari, Ban­jarwangi, Banjarsari, Ciawi, Jambulu­wuk, Teluk Pinang, Citapen, Cibedug, Cileungsi, Bojong­murni, Bitungsari, dan juga Banjar­waru,” ujarnya kepada Radar Bogor di Saung Konser­vasi Ecovillage Baraya, Desa Bendungan.

Wuryani, fasilitator Ecovil­lage DLH Provinsi Jawa Barat me­nambahkan, pe­ngem­­­bangan Ecovillage lebih menge­depankan pem­berda­yaan dengan mengedepankan prinsip spiritual, ekonomi, ekologi, dan sosial.

”Dengan adanya kepengu­rusan Jangkar di wilayah kor­cam se-Kota dan Kabupaten Bogor, saya berharap seluruh fasilator dan kader Ecovillage lebih semangat menjalankan program yang sudah digagas dan disepakati di setiap desa,” pungkasnya.


Sumber : radarbogor.id

0 komentar:

Post a Comment