Banner 1

Wednesday 28 March 2018

Desa Jampang, Kecamatan Kemang Terus Kembangkan Kawasan Minapolitan


Memiliki dua situ menjadi anugerah bagi warga Desa Jampang. Sebab, Situ Lengkong Barang seluas 9 hektare di RT 03/03, Kampung Jampangpulo dan Situ Cilala seluas 12 hektare di RT 06/06, Kampung Jampangponcol dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian.
Bahkan, Desa Jampang pernah menyabet juara II tingkat nasional sebagai kawasan Budidaya Ikan Tawar dan Hias pada 2016.
“Melalui dua potensi tersebut, akhirnya Pemerintah Kabupaten Bogor menobatkan desa kami sebagai penghasil budidaya ikan terbesar di Kabupaten Bogor,” ujar Kepala Desa Jampang, Wawan Hermawan.
Menurutnya, ada lebih dari 500  jala apung yang membentang di Situ Cilala dan Lengkong Barang. Sehingga, pemkab menjuluki Desa Jampang menjadi Minapolitan.
“Lebih kepada sentralisasi sebuah wilayah menjadi kawasan budidaya ikan. Desa Jampang menjadi gerbang masuk kawasan Minapolitan di Kecamatan Kemang,” ungkapnya.
Menurutnya, banyak masyarakat dari berbagai instansi maupun perguruan tinggi yang ingin belajar budidaya ikan. “Jadi nilai plus untuk kami,” ucapnya.
Wawan mengaku terus mengembangkan budidaya ikan melalui pemberdayaan di segala lini demi peningkatan kapasitas wilayah. “Kami terus lakukan pembinaan kepada masyarakat melalui pelatihan-pelatihan, baik secara langsung maupun tidak langsung,” jelasnya.


Sumber : radarbogor.id

0 komentar:

Post a Comment