Banner 1

Thursday 22 March 2018

Dikhawatirkan Membahayakan


Masifnya pembangunan di Kota Depok, tentunya mesti diimbangi pula dengan pemanfaatan air tanah. Jika tidak diperhatikan dengan baik, dikhawatirkan tanah di Margonda akan ambles, mengingat saat ini PDAM Tirta Asasta baru mampu melayani 16,9 persen penduduk Kota Depok.

Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Heri Paud Blangkon mengatakan, pembangunan di Kota Depok harus diimbangi dengan pendistribusian air. Jika tidak, setiap bangunan yang ada di Kota Depok akan memanfaatkan air tanah untuk memenuhi kebutuhannya.

Menurut dia, jumlah penduduk Kota Depok pada 2015 sebanyak 2.095.351 orang, dan meningkat pada 2016 menjadi 2.142.464 orang. Namun, perhitungan itu baru jumlah penduduk ber-KTP.

Sedangkan, banyak penduduk yang berasal dari luar Kota Depok yang memanfaatkan air tanah di Kota Depok.

”Berdasarkan peneliti kebijakan ekonomi, asumsi jumlah manusia di Kota Depok bisa mencapai lebih dari 2,5 juta jiwa,” kata Heri kepada Harian Radar Depok (Grup Radar Bogor), Senin (19/03).

Artinya ada 2,5 juta jiwa lebih yang menggunakan sumber daya air di kota dengan luas 200,29 kilometer persegi tersebut. ”Pemanfaatan air tanah di Kota Depok perlu dibatasi,” kata Heri.

Dia mengatakan, jika tidak segera dibatasi, air tanah yang ada di Kota Depok akan semakin habis.

”Banyaknya apartemen, mal, dan universitas di Kota Depok akan menyedot pemanfaatan air tanah di Kota Depok, sementara PDAM tidak mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat Kota Depok,” kata Heri.

Sementara itu, Manajer Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Sudirman mengatakan, saat ini PDAM baru mampu melayani 16,9 persen pelayanan air di Kota Depok.

”Kami baru mampu melayani 16,9 persen, dan saat ini program penambahan jaringan sudah dianggarkan pada anggaran perusahaan,” kata Sudirman.

Sementara itu, wilayah yang sama sekali belum teraliri jaringan PDAM anatara lain: Kecamatan Cinere, Limo, dan Cipayung. Dia juga mengatakan belum semua apartemen, hotel, dan mal yang bekerja sama dengan PDAM Tirta Asasta.

”Hanya yang baru-baru saja yang sudah bekerja sama dengan kami,” kata Sudirman.

Dia mengatakan, apartemen yang sudah bekerja sama menggunakan air PDAM di Kota Depok antara lain: Apartemen Cinere Resort, Taman Melati Margonda, Margonda Residece, Zam-zam Tower, Green Lake View, Pesona Square, Saladin, Wisma Seratus, dan Atalanta.

”Selain itu belum bekerja sama, dan dapat dipastikan mereka menggunakan air tanah, meski ada beberapa yang sedang melakukan proses kerja sama dengan PDAM,” ujar Sudirman.


Sumber : radarbogor.id

0 komentar:

Post a Comment