Banner 1

Friday 23 March 2018

Ajak PKL Puncak Jaga Kebersihan


Puluhan anggota Relawan Perjuangan De­mo­krasi (Repdem) kembali me­lak­­sanakan Rabu Bersih. Ang­gota Repdem yang mayo­ritas para pedagang kaki lima (PKL) di jalur Puncak ini, memulai ke­giatannya dari Masjid Atta’awun, Desa Tugu Selatan, Kecama­tan Cisarua, Rabu (21/03) kemarin.

Ketua Repdem Kecamatan Cisarua Bambang Supriadi HS mengatakan, aksi mungut sampah ini sebagai bentuk kepedulian para pedagang jalur Puncak terhadap keber­sihan lingkungan, terutama di jalur pariwisata. Sampah yang diambil pun masih tetap fokus pada sampah plastik.

Dirinya beralasan, sampah plastik sangat berdampak pada kondisi air di permukaan. Sebab, jika sampah plastik memenuhi areal umum atau lahan resapan, tentunya akan menghambat terserapnya air ke dalam tanah. Akibatnya, air langsung turun ke jalan. 

”Untuk mengurai sampah plastik ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain itu, sampah plastik juga akan mengganggu fungsi tanah sebagai resapan air,” ujar Bambang kepada wartawan.

Rabu Bersih, lanjutnya, diada­kan sebagai bentuk solidaritas para pedagang di jalur Puncak. Sebab, menurut dia, sebagai warga Puncak sudah seharusnya menjaga lingkungan. 

”Kalau peman­dangannya bagus, udaranya sejuk, ditambah lagi ling­kungannya bersih, sudah pasti pengunjung akan nyaman, dan Puncak akan terus menjadi tujuan wisata,” ungkapnya.

Senada, Sekretaris Repdem Cisarua Cepi HS menuturkan, kegiatan dilakukan atas da­­sar kepedulian pedagang terha­dap ling­kungan tempat ber­ju­alan­nya. Sementara, ang­ga­ran­nya sendiri dilakukan dengan cara patungan. 

”Selain lingkungan bersih, kebersamaan antarpeda­gang juga semakin kuat. Nah, sete­lah memungut sampah, di­lan­jutkan acara makan ber­sama,” ucap Cepi.

Ia berharap, dengan dilaksana­kannya kegiatan Rabu Bersih, ‘Puncak Bersih’ tidak hanya menjadi slogan. Karena, bicara sampah bukan bicara tanggung jawab pemerintah, tapi menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu, perlu ada dukungan dari pemerintah juga soal du­kungan armada maupun lain­nya.

”Repdem berkomitmen kegiatan Rabu Bersih ini menjadi kegiatan reguler, dan yang pa­­­ling penting, apa yang dilakukan ini bisa menyadarkan masyarakat agar peduli pada lingkungan,” tandasnya.


Sumber : radarbogor.id

0 komentar:

Post a Comment