Banner 1

Thursday 22 March 2018

8.000 Unit RTLH Tunggu Renovasi


Delapan ribu unit rumah tidak layak huni (RTLH) menunggu diperbaiki. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengklaim mampu menyelesaikannya di penghujung akhir 2018.

Data yang dimiliki Dinas Perumahan, Kawasan Pemuki­man dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, tahun lalu telah menyelesaikan rehabilitasi RTLH hingga 74 ribu unit dari target yang dicanangkan pada 2013 sebanyak 82 ribu unit.

”Kurang lebih sekitar 8 ribuan lagi yang tersisa tahun ini. Ta­pi, realisasi nanti dilihat pada ak­hir tahun. Bisa saja melebi­hi target karena ada bantuan di luar APBD,” kata Kepala DPKPP Kabupaten Bogor Lita Ismu kepada Radar Bogor, kemarin (20/3).

Dia melanjutkan, sejak 2013, Pemkab Bogor selalu mereha­bilitasi tak kurang dari 10.000 RTLH per tahun. Tiap unit men­dapatkan dana Rp10 juta. Namun, diakuinya, perbaikan RTLH di Bumi Tegar Beriman sedikit lamban lantaran salah satu penyebabnya keterbatasan anggaran. Maka, prioritas pun diberikan untuk rumah-rumah dengan kerusakan paling parah.

”Dengan anggaran yang ada, tidak akan cukup (merenovasi semua RTLH, red). Maka perlu juga sumber pendanaan lain. Salah satunya lewat CSR dan bantuan keuangan provinsi. Di samping itu juga ada dari APBDes, ya,” ungkapnya.

Untuk penggunaan APBDes, Dinas Pemberdayaan Masya­rakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor selalu meminta pihak desa membuat dan menyerah­kan rancangan pembangunan jangka menengah desa, APBDes, dan RKPDes.

”Karena itu penting untuk pelaporan di akhir tahun nanti dalam laporkan kerja pertang­gung­jawabannya,” timpal Kepala DPMD Kabupaten Bogor Deni Ardiana.

Berbeda dengan apa yang diungkapkan DPKPP, Bupati Bogor Nurhayanti dalam Musrenbang 2019 mengatakan, jika target RTLH yang harus dientaskan hanya 74.876 unit.

Ia menuturkan, realisasi rehabilitasi sebanyak 75.504 unit atau surplus 0,84 persen. Ia bahkan mengklaim hal itu menjadi faktor utama salah satu penciri kabupaten ter­ma­ju telah tuntas.

”Hasil sementara hingga 2017. Sudah tercapai. Total ada 12 penciri yang sudah melam­pui target. Salah satunya pengentasan RTLH,” kata dia.


Sumber : radarbogor.id

0 komentar:

Post a Comment