Banner 1

Thursday 31 January 2019

Lima Warga Meninggal Akibat DBD, Pemkab Bogor Belum Tetapkan KLB

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 CIBINONG-RADAR BOGOR, Kasus DBD terus meningkat akhir-akhir ini. Setidaknya sebanyak lima orang meninggal dunia akibat Demam Berdarah Dengue (DBD) dari 231 kasus yang terjadi di Kabupaten Bogor sepanjang Januari 2019.

Meski jumlah korban terus meningkat, Bupati Bogor Ade Yasin belum menetapkan kasus ini menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Ade mengaku masih sanggup menanggulangi membludaknya pasien DBD. Dia justru mencanangkan aksi Gerakan Serentak (Gertak) pencegahan DBD.

“Belum KLB. Yang meninggal lima orang, saya minta juga rumah sakit melaporkan dengan cepat,” kata Ade usai Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Citeureup, Rabu (30/1/2019).

 Kasus DBD di Bumi Tegar Beriman melonjak pesat dalam sepekan terakhir. Dari 113 kasus pada pekan ketiga, naik menjadi 231 kasus jelang tutup bulan Januari 2019.

Kata Ade, dia telah menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat hingga kepala desa, untuk lebih serius menangani DBD. “Kalau masyarakat minta, kita bagika bubuk abate gratis dan fogging,” kata dia.

 Sementara, Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr Agus Fauzi mengatakan jika penderita DBD tersebsar di 15 kecamatan, di mana Cibinong menduduki peringkat teratas dengan 34 kasus.

 Agus mengaku, telah mengedarkan Surat Bupati Tentang Peningkatan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) untuk camat, kades, puskesmas dan rumah sakit tentang penanggulangan DBD.

“Harapannya, masyarakat tidak resah namun bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, berperilaku sehat dan segera ke dokter saat terjadi gejala DPBD,” kata Agus.

Berikut data Sebararan DBD di Kabupaten Bogor

 Kecamatan Cibinong : 34 kasus
Kecamatan Bojonggede : 23 kasus
Kecamatan Citeuterup : 15 kasus
Kecamatan Gunung Sindur : 14 kasus
Kecamatan Cileungsi : 13 kasus
Kecamatan Gunung Putri : 7 kasus
Kecamatan Tajurhalang : 5 kasus
Kecamatan Klapanunggal : 5 kasus
Kecamatan Ciomas : 4 kasus
Kecamatan Babakanmadang :2 kasus
Kecamatan Sukamakmur : 1 kasus
Kecamatan Ciseeng :1 kasus
Kecamatan Dramaga : 1 kasus
Kecamatan Leuwisadeng : 1 kasus
Kecamatan Jasinga :1 kasus
*) hingga pekan ketiga Januari 2019

(pin/ps)

 

0 komentar:

Post a Comment