Banner 1

Saturday 27 February 2016

Walikota Bogor Ingin Beli Kota Paris!




BOGOR-Kondisi Kota Paris kini begitu kumuh. Selain banyak lumut, kondisinya juga tidak terawat. Ilalang pun hampir menutupinya. Eits, ini bukan Kota Paris sungguhan. Melainkan, nama kawasan dan kolam renang yang berada di Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah.

Kamis (25/2), Walikota Bogor Bima Arya menyempatkan diri menengoknya di sela-sela kegiatan 'ngantor' di Kelurahan Kebon Kelapa. Kolam renang itu, adalah kolam renang pertama di Kota Bogor yang terakhir beroperasi pada 2010.

"Kalau ada anggarannya, maka Kota Paris bisa dijadikan sebagai aset pemkot.  Saya juga berniat Kota Paris dijadikan sebagai pusat kuliner serta tempat rekreasi. Tetapi, butuh anggaran yang besar untuk membeli lahan tersebut," ujar Bima.

Menurut dia, pembelian Kota Paris dilakukan untuk menyelamatkan kawasan heritage peninggalan di zaman Belanda. Namun, nama Kota Paris mulai tersisihkan karena munculnya tempat-tempat rekreasi yang lebih menarik. "Saya akan koordinasikan kepada DPRD, untuk rencana pembelian aset Kota Paris. Karena anggarannya cukup besar. Harusnya, nama Kota Paris itu pun digunakan sebagai penanda untuk Kota Bogor," ungkapnya.

Jika anggaran tak mencukupi, lanjut Bima, opsi lain untuk pengembangan Kota Paris yakni dibangun dengan melibatkan pihak ketiga. "Pemiliknya sudah menyetujui penjualan Kota Paris. Tetapi, saya akan lihat anggarannya dulu. Kalau mencukupi, akan kami jadikan aset Pemkot Bogor. Tetapi, kalau tidak, ya akan dilibatkan pihak ketiga," paparnya. 

Menurut dia, peluangnya sangat besar apabila membuka kesempatan kepada pihak ketiga untuk membangun Kota Paris tersebut. "Konteksnya, kita ingin memanfaatkan heritage dan aset Kota Bogor. Terlebih, pemiliknya sudah menawarkan lahan serta siap melepaskan lahan tersebut," tukasnya.(fdm/c) 

0 komentar:

Post a Comment