Banner 1

Friday 19 February 2016

Tarian Lo Cia Sam Tay Cu Meriahkan Festival Cap Go Meh




BOGOR – Sebanyak 1.008 personel gabungan dipersiapkan guna mengamankan 100 ribu pengunjung yang diprediksi akan menjadi saksi megahnya Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh (CGM) 2016, Senin (22/2) mendatang. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Bogor Kota, Kompol Ricardo Condrat Yusuf, dalam rapat koordinasi di aula Polres Bogor Kota, kemarin (18/2). 

Ia menjelaskan, 1.008 personel itu terdiri dari 483 anggota Polres Bogor Kota, 30 anggota SAT II Brimob Kedung Halang, 400 anggota gabungan TNI serta Pemkot Bogor. Pola pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup di lokasi utama dan jalur yang dilalui arak-arakan CGM serta Vihara Dhanagun. 
“Dilakukan pula pengawalan mobil hias, tim kesenian, tim rombongan, peserta ritual serta pengiring lainnya,” terangnya. 

Selain itu, pengamanan juga dilakukan pada jalur lalu lintas, baik yang dilalui acara pawai seni budaya, joli-joli, liong kie lein dan barongsai, maupun di jalur alternatif pengalihan arus lalin. “Tak hanya mengamankan, mereka diturunkan juga untuk mengantisipasi perkiraan ancaman yang bisa saja datang,” pungkasnya. 

Antara lain, adanya opini kelompok masyarakat yang pro dan kontra terhadap tradisi CGM dan kemungkinan para pelaku ekonomi atau pedagang di lokasi yang merasa terganggu aktivitas transaksi jual belinya.  “Belum lagi dengan adanya penutupan Jalan Suryakancana, juga pengalihan rute dari sore hingga malam hari,” cetusnya. 

Dijelaskan Ricardo, pukul 14.00 WIB sudah diberlakukan penutupan jalur serta mempersiapkan jalur karnaval. Penutupan diawali dari putaran BTM, dari Jalan Ir H Djuanda menuju Pasar Bogor dialihkan ke Empang. Pengalihan jalur angkot di Jalan Djuanda, angkot yang menuju Pasar Bogor dialihkan ke Sempur. 

“Jumlah personel bisa saja ditambahkan, tergantung situasi. Nantinya untuk pengaturan lalin sudah disosialisasikan lewat spanduk juga imbauan. Ada excuse bagi mereka yang berdomisili di Jalan Suryakancana meski ditutup,” paparnya. 
Sementara itu, Ketua Pelaksana CGM 2016 Arifin Himawan memaparkan, dari semua pengisi acara dipastikan hadir. Satu yang menarik adalah, kesenian tarian Lo Cia Sam Tay Cu Dance dari Taiwan. “Mereka kali kedua memeriahkan Bogor Street Festival CGM ini, sangat mengapresiasi, karena nyatanya Taiwan baru saja dirundung duka akibat bencana belum lama ini,” ungkapnya.  Ia pun meminta dukungan semua pihak, agar ajang tahunan ini bisa berjalan lancar.(ent)

0 komentar:

Post a Comment