Banner 1

Friday 30 August 2019

Pilkades Serentak, Ribuan Bacakades Minta Surat Bebas Pidana



CIBINONG – RADAR BOGOR, Ribuan bakal calon kepala desa (bacakades) sudah mulai sibuk mengurus administrasi pencalonan bakal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak November mendatang. Salah satunya administrasi Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana.

Pasalnya, surat tersebut menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi masing-masing bacakades. Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Cibinong yang mengeluarkan surat tersebut sudah ramai didatangi bacakades sejak dua minggu ini.
Dari data bagian hukum PN Kelas IA Cibinong mulai pendaftaran dari tanggal 8 Juli 2019 hingga 28 agustus 2019 kemarin sudah ada 1897 berkas untuk surat keterangan tidak pernah terpidana dan dicabut hak pilih
“Memang ada sedikit penumpukan, karena membeludaknya bakal calon kades,” kata Juru Bicara PN Kelas IA Cibinong, Ben Ronald pada Radar Bogor kemarin.
Sambung Ben, kurang lebih ada sekitar seribuan bacakades yang mengurus administrasi tersebut di PN. Pekan ini memang tak seramai pekan kemarin untuk jumlah yang datang. Bahkan kata dia, hingga akhir pekan ini masih banyak bacakades yang mengurus administrasi tersebut.
Untuk sekedar diketahui bahwa Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana dimaksudkan untuk memastikan semua peserta Pilkades tak pernah menjadi terpidana. Dimana didalam surat juga diterangkan yang bersangkutan tidak sedang menjalani proses hukum yang memiliki kekuatan tetap.
“Surat ini digunakan sebagai bukti pemenuhan syarat untuk mengikuti persyaratan bakal calon kepala desa, sesuai Undang – undang Nomor 23 Tahun 2014 Jo UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Jo Peraturan Pemerintah Nomor 43 tentang Desa,” urainya. (dka/b)

0 komentar:

Post a Comment