Banner 1

Thursday 28 June 2018

Tumpukan Sampah Bikin Kumuh



LEUWILIANG–RADAR BOGOR,Tak PKL yang mem­buat kumuh Pasar Leu­wiliang. Tumpukan sampah yang menggunung pun me­­nambah kesemrawutan pasar terbesar wilayah Bogor Barat tersebut. Tak sedikit pedagang Pasar Leuwiliang memprotes gundukan sampah di area parkir belakang pasar.
Menurut para pedagang, tum­­pukan sampah sangat meng­ganggu aktivitas perniagaan di area PD Pasar Tohaga Leuwiliang. Di area yang semestinya dijadikan lahan parkir itu, saat ini malah dijadikan tempat pembuangan sampah.
Seperti diutarakan Hilman (32), salah satu pedagang.
”Tadi pagi sebagian pedagang protes ke kepala Pasar Leuwiliang. Mereka minta agar persoalan sampah cepat diatasi. Jangan menumpuk seperti itu. Kalau tidak bisa diatasi, sebaiknya ganti saja kepala pasarnya. Soalnya ini sudah sangat mengganggu,” ujarnya ketika ditemui Radar Bogor, kemarin (26/6).
Hal senada diutarakan Asep Saepuloh, ketua Paguyuban Pemuda Leuwiliang. Ia menilai, kepala Pasar Leuwiliang belum mampu mereformasi pasar.
”Kalau semua pihak serius menata dan membenahi pasar dari segala sisi, termasuk sampah, saya rasa tumpukan sampah di sini tidak akan ada. Efek psikologisnya, para pembeli juga enggan masuk ke area belakang. Yang dirugikan bukan hanya pedagang, tapi pembeli. Pasar seharusnya nyaman. Ini kan pasar terbesar di Bogor Barat,” ungkap Asep.
Terpisah, Kepala Pasar Tohaga Leuwiliang Wawan ketika dikonfirmasi Radar Bogor tak menampik adanya gunungan sampah tersebut. Pihaknya akan mengambil langkah-langkah penting untuk menangani persoalan sampah.
”Kami sedang koordinasi dengan pusat dan pihak ketiga untuk menangani persoalan sampah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah tidak ada lagi tumpukan sampah di sana,” tukasnya.(cr3/c)

Sumber : Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment