Banner 1

Thursday 28 June 2018

Kopi Arabica Brazil Tumbuh di Sukamakmur



SUKAMAMUR–RADAR BOGOR, Dataran tinggi Sukamakmur, Kabupaten Bogor, kini lebih dikenal sebagai surga­nya kopi. Ya, lahan pertanian di kawasan rawan bencana itu kini banyak ditumbuhi pohon kopi. Beragam jenis kopi tum­buh subur di sana. Jenisnya pun beragam.
Data dari Pemerintah Keca­matan Suka­makmur, tercatat ada dua desa yang menjadi penghasil kopi terbaik. Yakni di Desa Sukamulya dan Desa Suka­wangi. Untuk di Desa Suka­wangi misalnya, kopi yang ditanam adalah kopi jenis Arabica.
”Semua petani menanam kopi tersebut. Dan kopi Arabica di sini sudah dikenal pencinta kopi di Indonesia,” ujar Kades Suka­wangi Endro Hermawanto kepada Radar Bogor, kemarin (26/6).
Sementara itu, untuk Desa Sukamulya, kopi yang dihasilkan lebih beragam. Bahkan saat ini para petani kopi berhasil menanam kopi Arabica Brazil. Seperti yang terlihat di Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya. ”Ara­bica Brazil ini jenis kopi baru yang kami kembangkan di sini dengan cara distek,” ujar petani kopi Mulyasari, Solih kepada Radar Bogor, kemarin.
”Sehingga di Kampung Mulyasari kini ada dua jenis kopi unggulan. Yaitu kopi robus­ta long been dan kopi Arabica Brazil,” katanya lagi.
Selain itu, para petani Mulya­sari pun memproduksi kopi luwak. Namun, kopi luwak yang ada di Mulyasari bukan seperti kopi luwak pada umumnya. “Kopi luwak di sini dihasilkan dari luwak liar. Bukan luwak yang sengaja dipelihara,” tukasnya.(all/c)

Sumber : Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment