Banner 1

Thursday 28 June 2018

Melihat Wisuda Kedua Universitas Pakuan Bogor



Momen wisuda menjadi salah satu peristiwa yang menggembirakan bagi seorang mahasiswa dan keluarganya. Terlebih jika merengkuh gelar tersebut tepat pada waktunya.
Kegembiraan inilah yang dirasakan oleh 713 mahasiswa Universitas Pakuan (Unpak) Bogor yang diwisuda di gedung Braja Mustika, Jalan dr Semeru, kemarin (26/6).
Rektor Unpak Bogor, Bibin Rubini mengungkap, seharusnya wisuda gelombang kedua ini digelar pada Mei. Namun karena bertepatan dengan bulan Ramadan, wisuda terpaksa diundur pada Juni.
“Ada 713 wisudawan yang diluluskan oleh Unpak. Terdiri dari program doktor, magister, sarjana, dan diploma,” ujarnya.
Ratusan wisudawan itu akan menambah jumlah alumni yang kini sudah berkiprah di berbagai macam instansi. Baik pemerintah maupun swasta.
Bahkan, sebagian dari mereka ada juga yang berwiraswasta. Bibin berharap agar para wisudawan ini dapat membuka lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri maupun orang lain.
Menurut Bibin, bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan saja tidak cukup untuk dapat berkiprah di masyarakat.
Maka itu, harus ditambah dengan keterampilan lain berupa soft skill yang bisa menjadikan mereka bermanfaat di masyarakat.
“Soft skill ini mulai dari keterampilan berkomu­nikasi, kemudian akhalakul kharimah atau karakter. Terutama bagaimana mereka bisa menerapkan nilai-nilai dasar kemanusiaan, keadilan, kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab. Sehingga bisa membangun perekonomian negara,” tuturnya.
Dia berpesan, kebermaknaan hidup seseorang itu tidak hanya diukur dari gelar pendidikan, kekayaan, maupun pangkat dan jabatan. Akan tetapi, dari seberapa besar dia memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat.
Sesuai dengan visi Universitas Pakuan yang unggul, mandiri, dan berkarakter. Sebab, apa artinya kita cerdas namun tidak memiliki etika dan tata krama.
“Jadi, yang terpenting ada keseimbangan antara pe­ngetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Di sisi lain, juga baik dalam bersikap dan berperilaku,” imbuhnya.(cr4/c)

Sumber : Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment