Banner 1

Friday 9 September 2016

UIKA Bogor Bekali Mahasiswa Baru Wawasan Bela Negara

BOGOR – Universitas Ibnu Khaldun Bogor kembali mengadakan kegiatan pengenalan mahasiswa barunya yang diberi nama Ta’aruf dan wawasan kebangsaan dan bela negara di Atang Sanjaya, sejak kemarin.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIKA M Hariansyah mengatakan bahwa kegiatan ta’aruf sekaligus wawasan kebangsaan dan bela negara tahun ini merupakan tahun ketiga yang dilakukan UIKA.
Tentu, katanya, tujuan dilakukan dua kegiatan tersebut yaitu untuk menumbuhkan semangat para mahasiswa untuk mencintai bangsa dan negaranya.

“Karena akhir-akhir ini kami melihat bahwa ada sekelompok orang atau komunitas dan sebagainya, ingin memisahkan atau memecahkan negara, ini yang perlu kita, terutama generasi muda waspadai, karena mereka penerus bangsa,” tegasnya kepada Radar Bogor disela-sela kegiatan.
Tentunya, dengan kegiatan ini, Hariansyah mengatakan, ada poin-poin penting pula yang bisa dilihat, yaitu kedisiplinan ribuan mahasiswa baru UIKA.
Menurutnya, melihat poin itu susah jika dilakukan di kampus, lantaran kebiasaan santai menjadi budaya. “Kalau disini fasilitas mendukung, suasana pun mendukung,” tambah Hariansyah.

Program ta’aruf yang akan dilakukan selama tiga hari kedepan, lanjutnya, mulai dengan pengenalan-pengenalan rektor serta dekan fakultas masing-masing. Dilanjut dengan pengenalan Unit Keterampilan Mahasiswa (UKM).
“Baru dihari terakhir kami sisipkan wawasan kebangsaan dan bela negara,” pungkasnya. Sementara itu, ditempat yang sama, Kadis Potensi Dirgantara Angkatan Udara (AU) Marsekal Pertama TNI Nazirsyah menambahkan bahwa kegiatan ini wajib dilakukan setiap warga negara sebagai upaya membela dan mempertahankan negara. Apalagi bagi generasi muda penerus bangsa.

Ia menghimbau agar para mahasiswa UIKA bisa memaksimalkan kegiatan ini sebagai sarana mempertebal semangat kebangsaan.
“Tentu saya mendukung karena sesuai dengan amanah Undang-undang 1945 pasal 27 ayat 3 yang berbunyi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam hal membela negara, bela negara merupakan sikap perilaku terpuji, saya berharap generasi ini bisa terus tertanam rasa cinta negara dan memperjuangkannya,” tandas Nazirsyah.(ent)

0 komentar:

Post a Comment