Banner 1

Saturday 24 September 2016

Ini Dia Menurut Dokter Spesialis Anak RSUD Kota Bogor Terkait Kondisi M Zafar

BOGOR – Dokter Spesialis Anak RSUD Kota Bogor, dr Agung Indra memaparkan, Zafar pernah beberapa kali masuk perawatan di RSUD. Namun beberapa hari setelahnya, Zafar datang lagi dengan kondisi semakin lemah dan keluhan sakit pada perutnya.
“Jadi, memang sudah kami konsulkan ke bedah ankologi, memang ada tumor di ginjal. Dan datanya sih kemungkinan sudah menyebar ke kelenjar getah bening dan kemungkinan bisa menyebar ke mana-mana,” bebernya.
Dr Agung menjelaskan, Tumor Wilms yang diderita Zafar merupakan tumor yang masuk dalam kategori lumayan ganas. Hingga saat ini, operasi yang rencananya akan dilakukan pada Zafar, sementara terkendala.
“Dalam perencanaan operasi itu, ternyata hemoglobin (HB)-nya rendah, cuma 6, karena normalnya 10. Jadi belum bisa rencanakan operasi. Selain HB-nya rendah, trombositnya juga rendah. Sudah coba transfusi naik jadi 12, tapi trombositnya tidak naik dan cenderung turun,” jelas Agung.
Kondisi saat ini, Agung mengungkapkan, HB Zafar malah terus menurun. Trombositnya juga terus turun dari 96 ribu, menjadi 37 ribu, terus mulai naik tapi cenderung turun lagi.
“Jadi, rencana kita transfusi trombosit. Operasi tergantung kondisi memungkinkan atau tidak. Kendala hanya kondisi pasiennya saja, tidak ada kendala lain,” sahutnya.
Agung  menegaskan, kemungkinan Zafar untuk kembali normal seperti anak pada usianya memang kecil. Namun, dirinya berjanji akan terus berupaya sekuat tenaga untuk memulihkan kondisi Zafar seperti sediakala.
“Kemungkinan sih kecil untuk kembali normal. Tapi akan diupayakan semaksimal mungkin oleh tim kami,” tegasnya.
Perlu diketahui, tumor Wilms atau disebut juga dengan Nefroblastoma, tumor ganas pada ginjal yang banyak menyerang anak berusia kurang dari 10 tahun dan paling sering dijumpai pada umur 3,5 tahun.
Pengobatan standar untuk tumor Wilms adalah operasi dan kemoterapi. Hasil pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menentukan apakah terapi radiasi juga diperlukan.
Karena jenis kanker ini jarang terjadi, dokter mungkin menyarankan orang tua mencari perawatan di pusat kanker anak-anak yang memiliki pengalaman mengobati kanker.(ent)

0 komentar:

Post a Comment