Banner 1

Friday 21 December 2018

Jelang Natal dan Tahun Baru, Sembako di Bogor Melonjak. Cek Harganya Disini!


CIBINONG – RADAR BOGOR, Kenaikan harga sejumlah komoditi jelang Natal dan Tahun Baru seolah sudah menjadi tradisi. Tidak hanya sembako. Kenaikan juga terjadi pada komoditi ikan asin.
Ikan teri medan misalnya. Di pasar Cibinong, untuk satu kilogram ikan teri kini dijual dengan harga Rp120 ribu. Padahal, pekan lalu ikan teri masih berada dikisaran Rp90 ribu per kilogramnya.
Bukan hanya ikan teri. Daging ayam juga mengalami kenaikan. Namun, kenaikannya tidak terlalu signifikan.
Dari hasil monitoring Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor bersama Polres Bogor, kemarin (19/12), satu kilogram daging ayam dijual Rp36 ribu. Sebelumnya hanya Rp34 ribu.
Kemudian beras medium dari harga semula Rp9,3 ribu perkilogram menjadi Rp9,5 ribu perkilogram. Kanaikan juga terjadi pada sayuran. Wortel misalnya. Dari harga semula Rp8 ribu perkilogram, kini menjadi Rp16 ribu perkilogram.
“Wortel naik mungkin disebabkan oleh iklim, cuaca,” kata Kabid Perdagangan pada Disperindag Kabupaten Bogor Jona Sijabat .
Namun, ada juga beberapa komoditi yang mengalami penurunan harga, seperti bawang putih. Dari harga semula Rp30 ribu perkilogram menjadi Rp24 ribu perkilogram.
Kemudian, telur ayam juga mengalami penurunan, dari harga semula Rp26 ribu perkilogram, menjadi Rp25,5 ribu perkilogram.
Berbeda dengan tradisi menjelang idul fitri, daging sapi justru cenderung stabil. Sejak pekan lalu hingga kemarin, untuk satu kilogram daging sapi masih dikisaran Rp110 ribu.
” Tidak naik karena sudah dipersiapkan oleh (RPH) rumah pemotongan hewan (RPH). Sehari ada 20 sampai 25 sapi dipotong,” kata Jona.
Menurut Jona, kenaikan ataupun penurunan harga bahan dasar pekan ini tidak ada yang signifikan. Meski begitu, pemantauan akan dilakukan secara rutin hingga akhir tahun. “Nanti akan kita sidak lagi sampai akhir tahun. Yang jelas ketersediaan pangan itu aman,” imbuh Jona.(fik/c)
Harga Komiditi di Pasar Cibinong : 
Harga Naik
Komoditi                    Sebelum                      Saat ini
Teri Medan                  Rp90 ribu/kg               Rp120/kg
Daging Ayam               Rp34 ribu/kg               Rp36 rib/kg
Beras Medium              Rp9,3 ribu/kg              Rp9,5 ribu/kg
Wortel                        Rp8 ribu/kg                 Rp16 ribu/kg
Harga Turun
Bawang Putih              Rp30 ribu/kg               Rp24 ribu/kg
Telur Ayam                 Rp26 ribu/kg                Rp25,5 ribu/kg

0 komentar:

Post a Comment