Banner 1

Wednesday 25 September 2019

Angkat Optimalisasi Wakaf, Tiga Mahasiswa IPB University Raih Juara II Olimpiade Ekonomi Syariah


BOGOR-RADAR BOGOR,Mahasiswa IPB University kembali menorehkan prestasi. Tiga mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Manajemen yakni Rachmi Ramdia N, Ilma Nursafitri J, dan Putri Anisa meraih Juara II Olimpiade Ekonomi Syariah dalam acara Unila Sharia Economic Festival pada akhir Agustus lalu.
Lomba yang diadakan oleh Forum Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung ini mengusung tema ”Pengembangan Industri Halal Melalui Islamic Sosiopreneur di Era Milenial”.
Lomba ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama, peserta diberikan 100 soal yang terdiri dari pilihan ganda, isian, serta essay dan dikerjakan oleh masing-masing individu dalam tim. Selanjutnya adalah pembuatan makalah selama dua jam, kemudian dilanjutkan pembuatan materi presentasi dalam power point selama 30 menit. Tahap akhir dari lomba tersebut ialah presentasi dan tanya jawab perihal makalah yang telah dibuat. Rachmi dan tim harus bersaing dengan 15 tim lainnya.
“Pada saat pembuatan makalah, kami mengangkat tema tentang wakaf. Karena wakaf sekarang ini tengah digencarkan. Kami mencoba melakukan pembahasan perihal optimalisasi potensi wakaf. Kita salurkan dana wakaf untuk pembiayaan-pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan keuntungannya dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Rachmi.
Rachmi dan tim menghabiskan waktu hingga tiga minggu dalam mempersiapkan diri menghadapi olimpiade tersebut. “Tiga minggu kami melakukan persiapan dengan mencari berbagai literatur. Satu minggu sebelum lomba, kami lebih intensif lagi dengan melakukan diskusi-diskusi dan pembahasan lebih mendalam perihal perekonomian dan materi,” terang Rachmi. (KR/Zul)

baca juga artikel asli di http://www.radarbogor.id/2019/09/24/angkat-optimalisasi-wakaf-tiga-mahasiswa-ipb-university-raih-juara-ii-olimpiade-ekonomi-syariah/

0 komentar:

Post a Comment