Banner 1

Thursday 17 May 2018

Sama-sama Menguntungkan



CISEENG–RADAR BOGOR, Puluhan pelaku UMKM mengikuti pelatihan manajemen ritel modern yang diadakan salah salah satu perusahaan ritel di kantor Kecamatan Ciseeng, Rabu (9/5). Camat Ciseeng Edy Muslihat yang membuka kegiatan tesebut meminta kepada pelaku UMKM agar memiliki keinginan kuat mengembangkan usahanya.
”Pemerintah mendukung aksi perusahaan swasta dalam mengakomodasi pedagang tra­disional untuk lebih berkem­bang. Namun yang terpenting adalah kesadaran dan keinginan pelaku usaha,” ujarnya.
Ia berharap, sinergitas antara pemerintah kecamatan, pelaku UMKM, dan industri ritel bisa memberi dampak positif, baik pedagang maupun toko modern. ”Agar keduanya bisa sama-sama berkembang dan berkontribusi positif,” lanjutnya.
Sementara, Branch Manager Alfamart Parung Danny Febrianto menyampaikan, pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini diadakan secara rutin setiap tahunnya. Sementara lokasi yang dipilih, yakni daerah yang memiliki jaringan toko.
”Kami ingin mengajak pelaku UMKM bisa memahami manajemen ritel modern. Ritel tradisional dan modern harus tumbuh berdampingan dan bersinergi,” terangnya.
Nah, bentuk sinergi yang dilakukan, lanjut dia, dengan menjalankan program Outlet Binaan Alfamart (OBA).
Program tersebut dijalankan dalam dua bentuk. Pertama, memberi pelatihan manajemen ritel. Kedua, menyediakan layanan pesan antar-barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA.
Selain itu, juga ada bedah warung bagi member terpilih. ”Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern agar memiliki daya saing,” imbuhnya.(cr3/c)


Sumber : Radar Bogor

0 komentar:

Post a Comment