Banner 1

Monday 14 May 2018

Harga Sembako Mulai Naik




CIBUBUR–RADAR BOGOR,Beberapa hari menjelang puasa, sejumlah harga kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan. Seperti diakui salah seorang pedagang bumbu di Pasar Cisalak, Sapto Sembiring.
Menurutnya, sejak beberapa hari ini harga lada mengalami peningkatan.
”Saya tidak tahu penyebabnya, biasanya (lada, red) hanya Rp80 ribu per kilogram, sekarang Rp150 ribu, naiknya hampir 100 persen. Saya biasa jual lada per setengah ons hanya Rp5 ribu,” ujarnya.
Selain itu, kenaikan harga juga mulai terasa pada cabai keriting.
”Yang besar saat ini harganya berkisar Rp30 ribu per kilogram. Tapi untuk ukuran kecil hargnya relatif lebih murah, Rp25 ribu per kilogram,” jelasnya.
Dirinya mejelaskan, untuk harga bahan pokok lainnya seperti bawang putih dan merah saat ini masih relatif stabil. Namun, kata dia, memasuki puasa sebentar lagi, dipastikan harga akan terus melambung.
”Bawang putih saat ini Rp16 ribu per kilo, tapi kalau bawang merah agak mahal sekitar Rp30 ribu,” ucapnya.
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disgadin) Kota Depok, Epi Ardini mengaku harga kebutuhan pokok saat ini masih dalam kondisi stabil.
”Sementara ini belum ada harga yang naik signifikan,” tuturnya kepada Radar Bogor, (11/5). Untuk memantau aktivitas harga tersebut, pihaknya akan memo­nitoring kaitannya dengan hal tersebut.
Di tempat terpisah, Kepala Seksi Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perika­nan (DKPPP) Kota Depok, AgusTriyuwono menambahkan, untuk menekan harga, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan berupaya menyediakan sembako murah. Salah satunya dengan mengadakan bazar sembako dan daging untuk membantu masyarakat mendapatkan sembako dengan harga di bawah pasaran.
”Kegiatan ini akan kami adakan 11 kali dan rencananya dilakukan di setiap kecamatan. Namun, untuk lokasi masih bisa berubah, karena belum semua kecamatan memberikan jadwal,” tutupnya.(cr2/c)

Sumber : Radar Bogor



0 komentar:

Post a Comment